Implementation SAW Method System For Marketing Media
PDF

Keywords

Media
Metode SAW
Pemasaran

How to Cite

Viana, E. O. ., Swanjaya, D. ., & Wulanningrum, R. . (2022). Implementation SAW Method System For Marketing Media . Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(2), 011–016. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2553

Abstract

Media pemasaran merupakan suatu media yang digunakan oleh masyarakat dalam memasarkan produk atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk membantu menemukan jenis media pemasaran apa yang sering digunakan oleh konsumen dengan cara mengisi data yang sudah disiapkan yang nantinya akan diinput dalam sistem lalu setelahnya akan muncul hasil jenis media pemasaran apa yang sering digunakan oleh konsumen. Dalam penelitian ini terdapat 3 kategori yang mana akan menjadi acuan yaitu Media Cetak, Media Sosial, dan Marketplace dengan menggunakan metode Simple Additive Weigthing (SAW). Untuk mengeahui hasil perhitungan dengan bantuan Sublime text3 mengunakan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Prepocessor) hingga bisa didapatkan hasil dari penelitian ini. Pembobotan dihitung dengan mempertimbangkan sering tidaknya konsumen dalam menggunakan media pemasaran yang tersedia. Hasil akan diambil dari hasil pembobotan dengan nilai tertinggi (1,00) atau mendekati (1,00). Dari hasil tersebut diharapkan dapat membantu untuk mengetahui jenis media pemasaran apa yang sering digunakan oleh konsumen dalam mecari produk dan  jasa.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2553
PDF

References

A. A. Larasati, A. S. F. Utami, and F. Prasetyo, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Belanja Online Marketplace Menggunakan Analytic Network Process (ANP),” INFORMATICS Educ. Prof. J. Informatics, vol. 4, no. 2, p. 133, 2020, doi: 10.51211/itbi.v4i2.1310.

G. Gunawan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Media Cetak Sebagai Sarana Promosi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process Dan Weighted Product,” JTT (Jurnal Teknol. Terpadu), vol. 7, no. 1, 2019, doi: 10.32487/jtt.v7i1.497.

S. Nurlela, A. Akmaludin, S. Hadianti, and L. Yusuf, “Penyeleksian Jurusan Terfavorit Pada Smk Sirajul Falah Dengan Metode Saw,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 15, no. 1, pp. 1–6, 2019, doi: 10.33480/pilar.v15i1.1.

F. Nidaul Khasanah et al., “Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19,” J. Sains Teknol. dalam Pemberdaya. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 51–62, 2020, doi: 10.31599/jstpm.v1i1.255.

Z. Abidin Achmad, T. Zendo Azhari, W. Naufal Esfandiar, N. Nuryaningrum, A. Farah Dhilah Syifana, and I. Cahyaningrum, “Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik,” J. Ilmu Komun., vol. 10, no. 1, pp. 17–31, 2020, doi: 10.15642/jik.2020.10.1.17-31.

E. L. Putri and B. Sinaga, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Strategi Pemasaran Barang dengan Metode Analytic Hierarchy Process,” J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 2, no. 1, pp. 25–36, 2022, doi: 10.54082/jiki.20.

M. F. Penta, F. B. Siahaan, and S. H. Sukamana, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode SAW pada PT. Kujang Sakti Anugrah,” JSAI (Journal Sci. Appl. Informatics), vol. 2, no. 3, pp. 185–192, 2019, doi: 10.36085/jsai.v2i3.410.

money.kompas.com,” Apa Itu Marketplace dan Bedanya dengan Toko Online Maupun E-Commerce?”,29 September 2021, [https://money.kompas.com/read/2021/09/29/134757926/apa-itu-marketplace-dan-bedanya-dengan-toko-online-maupun-e-commerce?page=all, [di akses pada 20 Juni 2022].

glints.com,” Data Flow Diagram (DFD): Definisi, Fungsi, dan Simbol yang Digunakan”, 15 Desember 2021, [https://glints.com/id/lowongan/dfd-adalah/#.YsvJQ3ZBzrd]

dicocing.com” Bagaimana Cara Membuat ERD dan Contohnya”, 28 Agustus 2021, [https://www.dicoding.com/blog/cara-membuat-erd-dan-contohnya/]

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Ella Okta Viana; Daniel Swanjaya, Resty Wulanningrum

Downloads

Download data is not yet available.