Perbandingan Transformasi Data pada Penentuan Peserta Bimbingan Belajar Menggunakan Metode Perceptron
pdf

Keywords

perceptron
minmax
Kriteria Ketuntasan Minimal

How to Cite

Ulandari, D. A. ., & Swanjaya, D. . (2020). Perbandingan Transformasi Data pada Penentuan Peserta Bimbingan Belajar Menggunakan Metode Perceptron. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(3), 191–196. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.85

Abstract

Proses penentuan peserta bimbingan belajar selama ini masih dilakukan secara manual dan lebih mengutamakan intuisi Pendidik. Data akademik siswa nilainya beragam, pihak Sekolah hanya mengacu pada Kriteria Ketuntasan Minimal  (KKM) tetapi sering terjadi kekeliruan. Dalam Data Mining terdapat proses transformasi data untuk mengubah data menjadi nilai yang lebih mudah untuk diolah. Penelitian ini bertujuan untuk  mendapatkan  metode  transformasi  data  yang  tepat  untuk  menentukan  peserta  bimbingan  belajar menggunakan  metode  Perceptron.  Tahapan  yang  dilakukan  adalah  membaca  data,  membuat  Vektor  Fitur menggunakan transformasi data, membagi data menjadi dua, training dan testing, kemudian proses pelatihan jaringan perceptron dengan data  training dan pengujian jaringan dengan data testing. Hasil pengujian proses yang menggunakan metode MinMax mendapatkan rata-rata akurasi sebesar 18,70% dan KKM sebesar 16,24%. Dari penelitian ini didapat proses tranformasi data yang tepat adalah MinMax, tetapi Jaringan Syaraf Tiruan Perceptron  tidak  tepat  digunakan  untuk  proses  penentuan  bimbingan  belajar  karena  data  yang  ada  sangat heterogen.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.85
pdf

References

Aisyah, S. S.Ag, M.Pd. 2015. Perkembangan Peserta Didik & Bimbingan Belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Khoirudin, Nurdiyah, Wakhidah. 2018. Prediksi Penerimaan Mahasiswa Baru Dengan Multi Layer Perceptron . Pengembangan Rekayasa dan Teknologi, Vol 14, No.1: 1-4.

Hakim, Nurin Nakmah Comy. 2016 .Aplikasi penentu peserta bimbingan belajar dengan metode Perceptron pada MTs. AL Huda Gondang Nganjuk: Skripsi. UN PGRI Kediri.

Diyah Puspitaningrum, 2006, Pengantar Jaringan Syaraf Tiruan, Yogyakarta: ANDI

Hermawan, Arif. 2006. Jaringan Saraf Tiruan Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Andi

Fc. Lucky Laura Van, 2016, Klasifikasi Gaya BelajarVisual-Audiotorykinesthetic (V-A-K) Mahasiswa Berbasis Jstmenggunakan Algoritma Perceptron, Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Digital Zone, Volume 7 , Nomor 1.

Suyanto, 2014, Artificial Intelligence ( Searching, Reasoning, Planning dan Learning), Bandung: INFORMATIKA

Junaedi, H., Budianto, H., Maryati, I., & Melani, Y. (2011). Data transformation pada data mining. Prosiding Konferensi Nasional Inovasi dalam Desain dan Teknologi-IDeaTech, 93-99.

Muktadir, A. (2018). Model Bahan Ajar Mulok Berbasis Cerita Rakyat untuk Pendidikan Karakter di SD. LITERA, 17(1).

Downloads

Download data is not yet available.