Pembuatan Special Effect dalam Film Pendek Menggunakan Muzzle Flare dan Sound Effect dengan Aplikasi Camtasia 8
pdf

Keywords

Film
Special Effect
Muzzle Flare
Sound Effect
Camtasia 8

How to Cite

Gumelar, I. R. A. ., Kasih, P. ., & Niswatin, R. K. . (2020). Pembuatan Special Effect dalam Film Pendek Menggunakan Muzzle Flare dan Sound Effect dengan Aplikasi Camtasia 8. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(3), 167–172. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.81

Abstract

Penggunaan  Special  Effect  dalam  sebuah  film  memberikan  dukungan  yang  sangat   penting  bagi kualitas film itu sendiri. Special Effect banyak digunakan di era perfilman sekarang ini, diantaranya dalam produksi film laga (Action). Dalam produksi film laga, tidak menggunakan senjata api sungguhan dengan alasan keselamatan, maka digunakan alternatif dengan menggunakan properti senjata api jenis airsoft gun dengan menambahkan effect tembakan Muzzle Flare (Percikan Api) digabungkan dengan sound effect suara senjata  api karena jauh lebih aman, biaya produksi murah, dan mempermudah dalam editing film. Dalam artikel penelitian ini dibuat sebuah film pendek yang berhubungan dengan special effect dengan muzzle flare dan sound effect menggunakan aplikasi Camtasia 8 dengan judul film “Naruto Assault – Handgun Duel”. Secara detail special effect yang digunakan dalam film pendek yang  dibuat  adalah  Special  effect  Muzzle  Flare,  Blood  hit  dan  sound  effect  menggunakan  aplikasi  Camtasia  8. Pembuatan  film  pendek  ini  dimulai  dengan  menentukan  ide  cerita,  pembuatan  skrip,  pembuatan  storyboard, penentuan lokasi dan pemain film, proses pengambilan gambar, dan proses editing. Proses editing dan pengisian special effect yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Untuk hasil yang baik maka harus diikuti semua teknik-teknik, urutan  langkah  dalam  muzzle  flare,  dilakukan  editing  yang  sesuai  dengan  kebutuhan,  teknik  dubbing  harus disesuaikan dengan gaya bicara para pemain tersebut, teknik muzzle flare dan blood hit effect harus pandai mengatur durasi, ukuran dan posisi muzzle flare dan blood hit effect sesuai dengan gerakan sang aktor tersebut, teknik sound effect harus pandai mengatur durasi sound effect sesuai dengan gerakan sang aktor tersebut,  Background sound sangat dibutuhkan agar terkesan lebih menarik.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.81
pdf

References

http://ynstudios-internship.blogspot.co.id/ 2017/10/PengertianSpecialEffect-SFX-Beserta Penjelasannya.html, akses 5 November 2017

http://els-web.blogspot.co.id/2013/03/muzzleflaremuzzle-flash.html, akses 5 November 2017

http://iwandarmawan.com/unsursuaradalamfilm, diunduh 5 November 2017

Kurniawan, Mei Purwanto., 2001. PembuatanIklan Televisi Hotel Mawar Asri Yogyakarta Dengan Teknik Motion Tracking. Jurnal Ilmiah Dasi, (15): 26 - 31.

Optimalisasi Penggunaan Efek Chroma Key pada Video Dengan Menggunakan Metode Dual Layer Green Screen. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, Pascasarjana Jurusan Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta, Yogyakarta, 6 - 7 Februari.

Utomo, Pandu., Purnama, E.B., Urbani, H.Y. Produksi Film Pendek “Like And Dislike '' Menggunakan Sistem Multimedia. Indonesian Journal On Computer Science. FTI UNSA.

Wibowo, H.Y., Rante, Hestiasari., Subhan, Achmad, KH., Implementasi Teknik Sound Effect Dan voice Over Dalam Pembuatan Video Dokumenter Perlindungan Anak di Kawasan Dolly. Surabaya: Kampus PENS-ITS.

Downloads

Download data is not yet available.