Aplikasi Bantu Pengenalan Binatang untuk Anak Usia Dini dengan Augmented Reality Berbasis Android
PDF

Keywords

Augmented Reality
Pebelajaran
Pengenalan Binatang
Android

How to Cite

Pratama, S. W. ., & Kasih, P. . (2020). Aplikasi Bantu Pengenalan Binatang untuk Anak Usia Dini dengan Augmented Reality Berbasis Android. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(1), 212–217. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.199

Abstract

Inovasi dan kreatifitas dalam pembelajaran untuk anak usia dini sangat dibutuhkan oleh pengajar dan pendidik anak usia dini termasuk inovasi dan kreatifitas dalam cara pembelajaran dan penyampaian materi belajar. Hal ini bertujuan memberikan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga anak-anak dapat tertarik dengan pembelajaran tentang binatang. Salah satu inovasi yang dapat dipakai adalah memanfaatkan Augmented Reality menghasilkan media pembelajaran yang baru, menarik dan interaktif untuk anak usia dini. Augmented Reality merupakan teknologi yang mengabungkan benda maya dua dimensi dan atupun tiga dimensi kedalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi, lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Dalam media ini aplikasi berbasis android bernama Pengenalan Binatang dengan menggunakan teknologi Augmented Reality yang memiliki fitur menampilkan objek tiga dimensi, animasi gerak, dan suara. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah aplikasi ini dapat berjalan dengan bai dan dapat mereprsentasikan bentuk tiga dimensi menggunakan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean hingga yang terbaru Android 9.0 Pie. Aplikasi dapat berjalan lancar dengan spesifikasi RAM 1,5 Gb keatas, dari hasil pengujian menu AR dapat menemukan pola image target dan objek terlihat jelas sehingga menampilkan objek 3D mulai jarak 60 cm dengan sudut 0°.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.199
PDF

References

Azuma, Ronald T. 1997. A Survey of Augmented Reality. Presence: Teleoperators and Virtual Environments 6.

Bramantia, Vebrian. 2018. Aplikasi Pembelajaran Menghafalkan huruf dan Angka Teknologi Augmented Reality Berbasis Smartphone Android dengan Metode Markerless.

Yudhastara, Brian. 2012. Teknologi Augmented Reality Untuk Buku Pembelajaran Hewan pada Anak Usia Dini Secara Virtual. Yogyakarta: STIMIK AMIKOM.

Mario, F. R. (Januari, 2013): Rancang Bangun Perangkat Lunak Pengenalan Motif Batik Berbasis Augmented Reality.

Prasetyo, Riyan. 2017. Media Pembelajaran Pengenalan Organ-Organ Dalam Pada Manusia Berbasis Android Dengan Memanfaatkan Augmented Reality.

Pratonggo, W. Y. 2017. Mengubah Objek Citra 2D Menjadi Objek Citra 3D Berbasis Android Menggunakan Media Kaos dengan Teknologi Augmented Reality.

Perdana, Mukhlis Yuzti, Yuli Fitrisia, Yusapril Eka Putra. 2012. Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Organ Pernapasan Manusia Pada Smartphone Android. jurnal.pcr.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Septian Widha Pratama, Patmi Kasih

Downloads

Download data is not yet available.