Rancang Bangun Destilator Bioetanol Model Refluk untuk Mengolah Sampah Organik
PDF

Keywords

Alat Destilasi
Refluk
Sampah
Bioetanol

How to Cite

Amirudin, A., Istiqlaliyah, H. ., & Mufarrih, A. . (2021). Rancang Bangun Destilator Bioetanol Model Refluk untuk Mengolah Sampah Organik. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 3(1), 241–244. https://doi.org/10.29407/inotek.v3i1.544

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemanfaatan bahan bakar yang bersifat renewable. Tercatat pada tahun 2004  produksi minyak di Indonesia lebih rendah dari pada kebutuhan konsumsinya. Bioetanol  merupakan energi baru dan terbarukan yang sangat potensial untuk menggantikan bahan bakar minyak dengan daya tawar nilai oktan yang tinggi. Permasalahan dari perancangan ini adalah Bagaimana merancang alat destilator model refluk untuk mengolah sampah organik menjadi bioetanol dan bagaimana perbandingan hasil uji coba alat menggunakan filter batu alam maupun  per  spiral.  Pada perancangan  ini, metode yang  digunakan  adalah  Target  Oriented  Planing dengan melakukan perancangan alat destilator moderl refluk kemudian diuji untuk mengetahui tingkat keberhasilannya. Kesimpulan  dari  hasil  perancangan  ini  adalah Telah  dihasilkan rancangan  berupa  produk  mesin Destilasi Model Refluk Untuk Mengolah Sampah Organik Menjadi Bioetanol dan dari hasil perbandingan mesin, penggunaan filter dengan  batu  alam  menghasilkan  kadar  alkohol  paling  tinggi  66  %  dengan  lama  fermentasi  8  hari,  sedangkan penggunaan filter per spiral menghasilkan kadar alkohol paling tinggi 70 % dengan lama fermentasi 12 hari.

https://doi.org/10.29407/inotek.v3i1.544
PDF

References

Agustin, N., Wahyuningrum, L., Harjunowibowo, D. 2011. Rancang Bangun Teknologi Destilasi Bioetanol untuk Bahan Bakar Terbarukan. FKIP Universitas Sebelas Maret.

Winarso. R., Nugraha B. S., Muttaqin. A., Rofiudin. Nanang. 2014. Pengembangan Alat Destilator Bioetanol Sebagai Bahan Bakar Alternatif. Jurnal Teknik Mesin, 43-48.

Winarso. R., Nugraha B. S. 2015. Rancang Bangun Alat Dehydrator Bioetanol Untuk Menghasilkan Fuel Grade Ethanol. Jurnal Simetris, 6(2), 211-216.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Akhmad Amirudin, Hesti Istiqlaliyah, Am. Mufarrih

Downloads

Download data is not yet available.