VARIASI JENIS BAHAN BAKAR PERTALITE, PERTAMAX, DAN BIOETANOL TERHADAP KINERJA MESIN DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR HONDA REVO 2007 100CC
PDF

Keywords

Bahan bakar
kinerja mesin
emisi gas buang
sepeda motor

How to Cite

Prayoga, R. ., Mufarrih, A. ., & Widodo, S. . (2020). VARIASI JENIS BAHAN BAKAR PERTALITE, PERTAMAX, DAN BIOETANOL TERHADAP KINERJA MESIN DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR HONDA REVO 2007 100CC. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 2(1), 153–156. https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.473

Abstract

Salah satu jenis alat transportasi yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat adalah jenis  sepeda motor. Akibat pemakaian sepeda motor yang meningkat, cadangan minyak bumi akan semakin berkurang sedangkan kebutuhan akan minyak terus bertambah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kinerja mesin terhadap penggunaan bahan bakar bakar pertalite, pertamax, dan bioetanol dengan melakukan pengujian torsi, daya, dan kemudian menganalisa emisi gas buang (HC) yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen. Obyek dalam penelitian ini ialah sepeda motor Honda Revo 2007 100CC dengan menggunakan dynotest. Analisis hasil penelitian yang dipakai ialah Analisis Varians (Anova) dengan uji asumsi IIDN menggunakan program Minitab 17 for Windows. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Tidak ada perbedaan signifikan antara bahan bakar pertalite, pertamax, dan bioetanol terhadap daya yang dihasilkan pada sepeda motor 4 langkah. (2) Tidak ada perbedaan signifikan antara bahan bakar pertalite, pertamax, dan bioetanol terhadap torsi yang dihasilkan pada sepeda motor 4 langkah. (3) Ada perbedaan signifikan antara bahan bakar pertalite, pertamax, dan bioetanol terhadap emisi gas buang yang dihasilkan pada sepeda motor 4 langkah.

https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.473
PDF

References

Alfin, Mustikawan. 2008. Metode Penelitian. Malang: Biro Penelitian LKP2M UIN Malang.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arismunandar, Wiranto. 2005. Penggerak Mula Motor Bakar Torak. Bandung: ITB.

Fauzi, Mukhamad. 2015. Pengaruh Bioetanol Terhadap Lamda dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor 4 Tak 1 Silinder Berbahan Bakar Premium. Skripsi. Semarang: FT UNS.

Sanjaya, H. Wina. 2014. Penelitian Pendidikan (Jenis Metode, dan Prosedur). Jakarta: Kencana.

Winarno, Joko. 2011. Studi ekperimental pengaruh penambahan bioetanol pada bahan bakar pertamax terhadap unjuk kerja motor bensin. Jurnal Teknik. Vol. 2 No : 33-39.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Rendi Prayoga, Am. Mufarrih, Suryo Widodo

Downloads

Download data is not yet available.