ANALISA PENGARUH DEPTH OF CUT DAN FEEDING TERHADAP KEBULATAN HASIL PEMBUBUTAN SILINDRIS
PDF

Keywords

Depth Of Cut
Feeding
Kebulatan Baja St 40

How to Cite

David, J. ., Mufarrih, A. ., & Istiqlaliyah, H. . (2020). ANALISA PENGARUH DEPTH OF CUT DAN FEEDING TERHADAP KEBULATAN HASIL PEMBUBUTAN SILINDRIS . Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 2(1), 275–280. https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.495

Abstract

Untuk mencapai kualitas nilai yang baik suatu produk pada proses pemesinan yaitu dengan melihat tingkat kebulatan yang dilakukan pada proses pemesinan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh depth of cut terhadap kebulatan benda kerja, untuk mengetahui pengaruh feeding terhadap kebulatan benda kerja. Rancangan percobaan mengunakan desain Faktorial L9, Analisis data menggunakan ANOVA dan pengukuran kebulatan menggunakan dial indicator serta menggunakan  analysis of varians (ANOVA) dengan taraf signifikan 0.05 untuk mengolah data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan kebulatan terendah depth of cut 1,5 dan feeding 0,15 untuk nilai kebulatan tertinggi terdapat pada dept of cut 1,5 dan feeding 0,15. Analisa data menjelaskan bahwa dept of cut dan feeding berpengaruh terhadap kebulatan benda kerja dengan hasil Fhitung>Ftabel dan P-Value < nilai signifikan 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dept of cut dan feeding  berpengaruh terhadap kebulatan benda kerja.

https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.495
PDF

References

Dwiyono, Emil, 2014. Pengaruh Kedalaman Potong Terhadap Kebulatan Pada Pembubutan Material Baja Jiss S45C, Jember, Universitas Muhammadiyah Jember.

Nugroho, Adi, 2009. Pengaruh Gerak Makan dan Sudut Potong Utama Terhadap Hasil Kesilindrisan Permukaan Benda Kerja Pada Proses Bubut Silindris, Surakarta, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Yusca, P. S. 2011. Pengaruh Kecepatan Potong, Gerak Makan, Dan Kedalaman Potong Terhadap Getaran Pahat Pada Proses Bubut Dengan Tail Stock, Jember, Universitas jember.

Kristanto, Andri, 2007. Perancangan Sistem Informasi Dan Aplikasinya, Klaten, Penerbit: Gava Media.

Hidayat, 2010. Pengaruh putaran Spindel, Kedalaman Potong Dan Gerak Makan Terhadap Getaran Pada Proses Bubut Tanpa Tail Stock, (Online), Tersedia: Scholar.google.com (Diakses 02 januari 2018).

Mufarrih, Am., 2017. Pengaruh Parameter Proses Gurdi Terhadap Kekasaran Permukaan Pada Material KFRP Komposit, Kediri, UN PGRI Kediri.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Jiwan David, Am. Mufarrih, Hesti Istiqlaliyah

Downloads

Download data is not yet available.