Game Edukasi Pembelajaran Tajwid Pada Anak Usia 11 Sampai 14 Tahun
PDF

Keywords

game edukasi
tajwid
Linear Congruential Method

How to Cite

Alfatih, M. J., Niswatin, R. K., Farida, I. N., & Ginting, S. W. (2024). Game Edukasi Pembelajaran Tajwid Pada Anak Usia 11 Sampai 14 Tahun. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 8(1), 337–342. https://doi.org/10.29407/inotek.v8i1.4949

Abstract

Tajwid merupakan  salah satu ilmu  penting dalam agama islam yang berguna untuk membaca Al-Quran dengan baik dan benar, tetapi dalam belajar tajwid banyak kalangan yang merasa bosan dengan metode pembelajaran yang membosankan dan monoton terlebih anak kecil. Pembelajaran tajwid pada zaman sekarang bisa diakukan dengan   berbaga cara salah satunya dengan media game. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketertarikan anak anak dalam  belajar tajwid . Game Ini memiiki 5 level yang disetiap levelnya pemain akan diberi misi mengumpulkan huruf dari bacaan tertentu dan jika pemain terkena rintangan maka akan muncul soal secara acak yang menggunakan metode Linear Congruential MethodGame ini dibuat menggunakan Unity  yang dilengkapi juga dengan materi bacaan tajwid yang bisa diakses oleh pemain.

https://doi.org/10.29407/inotek.v8i1.4949
PDF

References

A. D. Kambela, “Pengaruh Pemahaman Ilmu Tajwid Terhadap Keterampilan Membaca Al-Quran Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VII SMP Neheri 17 Kota Bengkulu,” Skripsi, 2021.

S. Sotar, A. Arman, and H. Syahputra, “Game Edukasi Tajwid Berbasis Android Pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Di Stmik Indonesia Padang,” Rang Tek. J., vol. 5, no. 2, pp. 301–307, 2022, doi: 10.31869/rtj.v5i2.3308.

H. Baskoro and F. Ariadi, “Smartkids Matematika Dasar Berbasis Android Menggunakan Construct 2,” Log. J. Ilmu Komput. dan Pendidik., vol. 1, no. 4, pp. 891–906, 2023.

M. D. Syahputra Lubis, H. F. Riki Ulfakh Sinaga, A. Delfriati Batubara, E. Maulia Anggraini, and F. Syafitri Saragih, “Analisis Desain Grafis Menggunakan Teknologi Komputer Berbasis Software Coreldraw,” JTIK (Jurnal Tek. Inform. Kaputama), vol. 4, no. 2, pp. 89–99, 2020, doi: 10.59697/jtik.v4i2.596.

W. Kurniawati, “Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman Vol. 7, No. 1 Januari-Juni 2021,” Bermain Sebagai Sarana Pengemb. Kreat. Anak Usia Dini, vol. 7, no. 1, pp. 1–10, 2021.

Ilhami Witado, “Penerapan Linear Congruent Method Sebagai MediaPembelajaran Reproduksi RemajaBerbasis Android Untuk Pembelajaran Biologi,” Jl. Bali PO BOX, vol. I, no. 1, p. 38119, 2021.

S. Bulolo and A. Sindar, “Implementasi Metode Linear Congruent Method (LCM) pada Simulasi Ujian Akhir Sekolah Menengah Kejuruan Lolomatua,” Pros. Semin. Nas. Teknol. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 60–64, 2019.

D. Hafiz Riyadli, “叶青松 1, 2, 3 1.,” Jorn. Científica Farmacol. y Salud I LAS, vol. 28, no. 1, pp. 1–11, 2020.

A. C. Praniffa, A. Syahri, F. Sandes, U. Fariha, Q. A. Giansyah, and M. L. Hamzah, “Pengujian Black Box Dan White Box Sistem Informasi Parkir Berbasis Web Black Box and White Box Testing of Web-Based Parking Information System,” J. Test. dan Implementasi Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 1–16, 2023.

L. Setiyani, “Pengujian Sistem Informasi Inventory Pada Perusahaan Distributor Farmasi Menggunakan Metode Black Box Testing,” Techno Xplore J. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 1–9, 2019, doi: 10.36805/technoxplore.v4i1.539.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Muhamad Jallu Alfatih, Ratih Kumalasari Niswatin, Intan Nur Farida, Sri Widyanti Ginting

Downloads

Download data is not yet available.