Abstract
Anak tunagrahita adalah anak berkebutuhan khusus dengan kemampuan kurang serta memiliki hambatan dalam proses tumbuh kembang. Saat ini penempatan anak tunagrahita ke dalam kelas atau kelompok belajar dilakukan secara observasi berdasarkan nilai IQ dan nilai akademik yang diperoleh. Oleh karena itu untuk membantu pihak sekolah dalam mengatasi kesulitan dalam menentukan kelompok belajar secara keseluruhan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode k-means clustering untuk mengelompokkan anak tunagrahita berdasarkan nilai pembelajaran selama satu semester ke dalam kategori ringan, sedang, dan berat. Pada hasil evaluasi menggunakan perhitungan DBI menunjukkan hasil yang baik dengan nilai 0,73 berdasarkan pengujian menggunakan 30 data siswa tunagrahita.
References
I. Sukmawati and E. Noviati, “Pengembangan Media Pembelajaran Modeling melalui Video dalam Peningkatan Kemampuan Toilet Training pada Anak Tunagrahita,” Jurnal Keperawatan Silampari, vol. 5, no. 1, pp. 89–95, Sep. 2021, doi: 10.31539/jks.v5i1.2626.
F. N. Maulidiyah, “MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN,” JURNAL PENDIDIKAN, vol. 29, no. 2, Aug. 2020, doi: 10.32585/jp.v29i2.647.
A. Supena, “MODEL PENDIDIKAN INKLUSIF UNTUK SISWA TUNAGRAHITA DI SEKOLAH DASAR,” PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, vol. 29, no. 2, pp. 145–155, Jun. 2017, doi: 10.21009/parameter.292.03.
W. Utomo, “JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA Penerapan Algoritma K-Means Untuk Pengelompokkan Penyakit Kronis pada Warga Lansia (Studi Kasus Pada: Posyandu Lansia RW 07),” vol. 4, pp. 1153–1161, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i4.2410.
Z. Nabila, A. Rahman Isnain, and Z. Abidin, “ANALISIS DATA MINING UNTUK CLUSTERING KASUS COVID-19 DI PROVINSI LAMPUNG DENGAN ALGORITMA K-MEANS,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 2, no. 2, p. 100, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
D. Transaksi Bongkar Muat di Provinsi Riau, I. Kamila, U. Khairunnisa, P. Studi Sistem Informasi, and F. Sains dan Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, “Perbandingan Algoritma K-Means dan K-Medoids untuk Pengelompokan,” Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, vol. 5, no. 1, pp. 119–125, 2019.
C. A. Sugianto, A. H. Rahayu, and A. Gusman, “Algoritma K-Means Untuk Pengelompokkan Penyakit Pasien Pada Puskesmas Cigugur Tengah”.
E. Norhikmah Sya Baniah and A. Richart Singal, “ANALISIS PENYELENGGARAAN PELATIHAN KETERAMPILAN MENJAHIT BUSANA WANITA BAGI PESERTA PELATIHAN DI LKP RACHMA KOTA SAMARINDA,” 2021.
R. Sastra, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Penggajian,” Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, vol. 7, no. 1, 2021, doi: 10.31294/jtk.v4i2.
I. Nyoman and M. Adiputra, “CLUSTERING PENYAKIT DBD PADA RUMAH SAKIT DHARMA KERTI MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS,” INSERT: Information System and Emerging Technology Journal, vol. 2, no. 2, p. 99, 2021.
M. C. Untoro, L. Anggraini, M. Andini, H. Retnosari, and M. A. Nasrulloh, “Penerapan metode k-means clustering data COVID-19 di Provinsi Jakarta,” Teknologi, vol. 11, no. 2, pp. 59–68, Apr. 2021, doi: 10.26594/teknologi.v11i2.2323.
A. Aditya, I. Jovian, and B. N. Sari, “Implementasi K-Means Clustering Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama di Indonesia Tahun 2018/2019,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 4, no. 1, p. 51, Jan. 2020, doi: 10.30865/mib.v4i1.1784.
R. Pakaya, A. R. Tapate, and S. Suleman, “PERANCANGAN APLIKASI PENJUALAN HEWAN TERNAK UNTUK QURBAN DAN AQIQAH DENGAN METODE UNIFIED MODELING LANGUAGE (UML),” Jurnal Technopreneur (JTech), vol. 8, no. 1, pp. 31–40, May 2020, doi: 10.30869/jtech.v8i1.531.
W. Widyatmoko and N. Pamungkas, “Pemodelan Unified Modeling Language pada Sistem Aplikasi Pariwisata (SiAP),” Jurnal Bumigora Information Technology (BITe), vol. 4, no. 1, pp. 73–84, Jun. 2022, doi: 10.30812/bite.v4i1.1871.
F. Fatmasari and S. Sauda, “Pemodelan Unified Modeling Language Sistem Informasi Enterprise Resource Planning,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 4, no. 2, p. 429, Apr. 2020, doi: 10.30865/mib.v4i2.2022.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Ahmad Ade Alfian, Intan Nur Farida, Made Ayu Dusea Widyadara