Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pemain Futsal Menggunakan Metode AHP Dengan Pembobotan ROC
PDF

Keywords

AHP
FUTSAL
ROC
TBS

How to Cite

Putra, I. P. ., Niswatin, R. K. ., & Sanjaya, A. . (2022). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pemain Futsal Menggunakan Metode AHP Dengan Pembobotan ROC. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(3), 053–058. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i3.2653

Abstract

Futsal merupakan olahraga yang sangat populer oleh masyarakat. Pada masa sekarang kompetisi futsal banyak di selenggarakan di banyak kota. Olahraga futsal sangat digemari karena permainanya yang simple dan tidak membutuhkan lahan luas. Dengan banyaknya kompetisi pada setiap kota, semakin banyak juga tim futsal yang mulai terbentuk. Salah satu tim futsal yang terbentuk adalah TBS FUTSAL CLUB di Kota Kediri. Pemilihan pemain futsal sangat berpengaruh pada hasil yang akan dicapai. Dalam hal ini pelatih memegang peranan penting dalam setiap pemilihan pemain dan strategi. Untuk mencetak pemain yang baik pelatih diharuskan memiliki kemampuan dan kejelian untuk memilih pemain yang akan dibawa dalam setiap kompetisi. Banyaknya pemain yang mengikuti latihan memungkinkan pelatih untuk melakukan penyeleksian pemain. Menindaklanjuti permasalahan tersebut, dalam penelitian ini dibangun sistem pemilihian pemain futsal yang akan menjadi solusi untuk pelatih dalam menentunkan pemain. Untuk menghitung keakuratan, sistem tersebut menggunakan algoritma Analytical Hierarcy Process (AHP) dengan pembobotan Rank Order Centroid (ROC) yaitu algoritma yang menyajikan perhitungan sederhana dan mudah dipahami  Dalam penelitian ini menggunakan 20 data pemain, data tersebut memiliki nilai di setiap kriteria yang akan dihitung menggunakan metode AHP, sehingga menghasilkan perangkingan dengan nilai tertinggi yaitu Fajar Prasetya dengan nilai 0,581551.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i3.2653
PDF

References

Wulandari, N. (2014). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier di PT. Alfindo Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 1.

Astiani, N., Andreswari, D., & Setiawan, Y. (2016). Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Tanaman Obat Herbal Untuk Berbagai Penyakit Dengan Metode Roc (Rank Order Centroid) Dan Metode Oreste Berbasis Mobile Web. J. Teknol. Komput. dan Inform, 12(2), 125-140.

Kusrini. (2007). Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Andi

Goyal, R.K. & Kaushal, S. 2015. Effect of Utility Based Functions on Fuzzy-AHP based network selection in heterogenous wireless networks. RAECS UIET Panjab University Chandigarh 21-22nd

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Ilham Permana Putra; Ratih Kumalasari Niswatin, Ardi Sanjaya

Downloads

Download data is not yet available.