Aplikasi Kontrol Lampu Berbasis Mobile Menggunakan Nodemcu dan Saklar Tukar
PDF

Keywords

Internet of Things
Saklar Tukar
NodeMCU ESP8266
Firebase
Flutter
ACS712.

How to Cite

Darmawan, R. ., Sanjaya, A. ., & Sahertian, J. . (2020). Aplikasi Kontrol Lampu Berbasis Mobile Menggunakan Nodemcu dan Saklar Tukar. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(1), 135–140. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.185

Abstract

Perkembangan teknologi pada saat ini berkembang sangatlah pesat, dan teknologi tersebut dapat ditemui dalam dunia industri ataupun masyarakat. Peran IoT dalam zaman sekarang ini sangatlah penting karena dapat memudahkan pekerjaan dan menghemat waktu. Pada penelitian ini membahas masalah tentang bagaimana menggabungkan saklar tukar dan relay dalam perancangan, sehingga lampu dapat dikendalikan jarak jauh melalui internet maupun dengan saklar tukar yang dapat menjadi pengendali kedua apabila internet sedang tidak terkoneksi ataupun perangkat rusak. Metode penelitian ini menggunakan metode Uji coba dengan menggunakan bahan antara lain NodeMCU, relay, saklar tukar dan sensor arus. Hasil dari penelitian ini semua tombol pada saklar tukar maupun pada aplikasi ponsel berjalan dengan sempurna, tetapi terkadang relay saat lampu dinyalakan semua tidak dapat bekerja sempurna karena power pada relay bersumber dari NodeMCU sehinggal daya yang dikeluarkan tidak stabil.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.185
PDF

References

Rahmawati V., Efendi A.T. 2017. Sistem Pengendali Pintu Berbasis Web Menggunakan Nodemcu. STMIK AKAKOM Yogyakarta.

Al-Kamil R.M.M. 2016. Perancangan Sistem Instalasi Listrik Royal Sanur Hospital Bali. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Google. 2019. “Firebase Realtime Database”. Diakses 26 desember 2019. https://firebase.google.com/docs/database?hl=id

Turang D.A.O. 2015.Pengembangan Sistem Relay Pengendalian Dan Penghematan Pemakaian Lampu Berbasis Mobile.Seminar Nasional Informatika 2015.

Masykur F, Prasetiyowati F. 2016. Aplikasi Rumah Pintar (Smart Home) Pengendali Peralatan Elektronik Rumah Tangga Berbasis Web. Universitas Muhammadiyah.

Fatkhiyah E, Nega M, Lestari U. 2018. Aplikasi Kontrol Lampu Rumah Berbasis Smartphone Android Untuk Mendukung Smarthome. IST AKPRIND Yogyakarta.

Rachman, F Zaini. 2017. Smart Home Berbasis Iot. SNITT- Politeknik Negeri Balikpapan.

Muslihudin, Muhamad. 2018. Implementasi Aplikasi Rumah Pintar Berbasis Android Dengan Arduino Microcontroller. STMIKPringsewu Lampung.

Muzawi R, Efendi Y, Agustin W. 2018. Sistem Pengendalian Lampu Berbasis Web dan Mobile. STMIK Amik Riau.

Anonim.2017.NodeMCU.Diakses 8 Januari 2020.https://sunupradana.info/tkr/tag/nodemcu/

Patabang, S.2017.Wiring Diagram.Diakses 15 Juni 2020.https://www.slideshare.net/simonpatabang/6-wiring-diagram

Dejan.Control High Voltage Devices with Arduino.Diakses 15 Juni 2020.https://howtomechatronics.com/tutorials/arduino/control-high-voltage-devices-arduino-relay-tutorial/

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Reza Darmawan, Ardi Sanjaya, Julian Sahertian

Downloads

Download data is not yet available.