Penerapan Metode Double Exponential Smoothing pada Peramalan Omset Penjualan Ban Sepeda Motor
PDF

Keywords

Ban Sepeda Motor
Double Exponential Smoothing
Omset
Peramalan.

How to Cite

Lengkoro, T. ., Farida, I. N. ., & Kasih, P. . (2020). Penerapan Metode Double Exponential Smoothing pada Peramalan Omset Penjualan Ban Sepeda Motor . Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(1), 101–108. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.180

Abstract

Toko Akbar Motor merupakan perusahaan yang bergerak di bidang otomotif. Toko Akbar Motor ini selain menjual berbagai macam suku cadang kendaraan roda dua baik dijual secara langsung atau melalui media online shop, di toko ini juga menawarkan jasa servis. Pemilik toko Akbar Motor sering mengalami masalah saat meramalkan penjualan suku cadangnya, khususnya ban sepeda motor. Kekeliruan dalam meramalkan omset penjualan ban sepeda motor membuat pemilik toko sering mengalami kerugian. Hal ini dikarenakan pemilik toko meramalkan secara intuisi. Oleh sebab itu pada toko Akbar Motor perlu dilakukan peramalan supaya produk ban sepeda motor yang diminta oleh konsumen dengan yang disediakan di toko bisa sesuai permintaan.Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem peramalan omset penjualan bansepeda motor dan menentukan merk dari jenis ban yang harus ditambahkan di toko Akbar Motor. Adapun manfaat dari sistem peramalan omset penjualan ini yaitu, memudahkan kinerja pemilik toko Akbar Motor dalam mengetahui omset penjualan ban sepeda motor, dan merk dengan jenis ban sepeda motor apa saja yang paling laris atau diminati konsumen pada bulan berikutnya. Pada kesempatan ini penulis menyelesaikan masalah dengan meramalkan omset penjualan ban sepeda motor menggunakan metode Double exponential smoothingagar dapatmenemukan hasil yang lebih mendekati target. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil merk dan jenis ban yang harus ditambahkan pada toko Akbar Motor adalah  merk ban IRC dengan jenis ban roadracing dan merk ban FDR dengan jenis ban semiracing.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.180
PDF

References

Kotler, K.2009. Manajemen Pemasaran 1.Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga.

Nurlifa, A., dan Kusumadewi, S. 2017. Sistem Peramalan Jumlah Penjualan Menggunakan Metode Moving Average Pada Rumah Jilbab Zaky. INOVTEK Polbeng-Seri Informatika. Vol.2 No.1.

Yuniastari, Niluh A.K. 2014 Peramalan Permintaan Produk Perak Menggunakan Metode Simple Moving Average Dan Exponential Smoothing. Jurnal Sistem dan Informatika. VOL 9 . No.1.

Arianto,R, dkk. 2017. Penerapan Metode Double Exponential Smoothing Pada Peramalan Produksi Tanaman Pangan.Jurnal Informatika Polinema Vol. 4. No.1.

Awwaliyyah, N. 2014. Penerapan Metode Double Exponential Smoothing dalam Meramalkan Jumlah Penderita Kusta di Kabupaten Pasuruan Tahun 2014, Surabaya: Universitas Airlangga.

Sutarto, A.L. 2016. Analisa Pengaruh Distribusi Berat Terhadap Pemakaian Ban Pada Honda Beat F1.Jurnal Teknik Mesin. Universitas Pontianak.

Handoyo, Y. 2014. Analisis Performance Ban Dengan Alat Drum Test.Jurnal Ilmiah Teknik Mesin,. Vol. 2 No.1.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Tejaningrat Lengkoro, Intan Nur Farida, Patmi Kasih

Downloads

Download data is not yet available.