PEMODELAN DATA MINING ALGORITMA APRIORI DALAM SISTEM ANALISA POLA KETERJANGKITAN PENYAKIT DI PUSKESMAS
PDF

Keywords

Algoritma Apriori
Assosiasi Data
Keterjangkitan Penyakit

How to Cite

Rianty, R. ., & Kasih, P. . (2021). PEMODELAN DATA MINING ALGORITMA APRIORI DALAM SISTEM ANALISA POLA KETERJANGKITAN PENYAKIT DI PUSKESMAS. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 3(1), 175–180. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/533

Abstract

Puskesmas adalah sebagai ujung tombak sistem pelayanan kesehatan di Indonesia berperan mewakili daerah kecamatan untuk menangani pasien dari setiap desa dengan jenis penyakit pasien yang berbeda-beda. Dalam usaha peningkatan kesehatan, penguasaan teknologi perlu ditingkatkan. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu membuat sistem yang bisa digunakan untuk menentukan hasil analisa pola keterjangkitan penyakit di Puskesmas Tiron. Pada penelitian ini telah dibangun sistem keterjangkitan penyakit di  masyarakat wilayah puskesmas Tiron kecamatan Banyakan yang melakukan anlisa kelompok serta mencari pola dari sebuah nilai rekam medis.

Algoritma yang digunakan sebagai proses utama dari analisa pola keterjangkitan penyakit adalah algoritma apriori  dengan  menggunakan  minimum  support  untuk  menemukan  aturan  asosiasi.  Aplikasi  pola  keterjangkitan penyakit menghasilkan aturan asosiasi periode 5 bulan terakhir yaitu dari bulan Juli sampai November 2018 dengan jumlah 222 data, dengan nilai minimum support 2%. Dengan demikian, dari 222 pasien yang terjangkit Flu juga terjangkit  Diare  dengan  jumlah  nilai  sebesar  17%.  Jadi,  dapat  diketahui  keterjangkitan  penyakit  yang  sering dikeluhkan pasien di Puskesmas Tiron Kecamatan Banyakan yaitu Flu dan Diare. Selain itu juga mendapatkan hasil 15% yaitu pasien yang terjangkit Batuk juga terjangkit Flu, dan terendah didapatkan hasil Diare juga terjangkit Migrain sebesar 13%.

PDF

References

Azwar, Azrul. (2010). Pengantar Administrasi Kesehatan . Jakarta; Bina Rupa Aksara Publisher. dengan Penalaran Deduktif, Induktif, dan Abduktif”, Tugas .Semarang: FT Undip, 2010.

Basbeth, F. (2005). Rekam Medis, Jakarta : Bagian Forensik dan Medikolegal FK-UI.

Brotowarsito. (2003). Peranan Rekam Medis dalam Mendukung Kebijakan Pemerintah Dalam Kaitan Rumah Sakit Sebagai Unit Swadana, Makalah pada Seminar Nasional Kongres dan Rkernas I-III PORMIKI, Jakarta : Perhimpunan Profesional Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia. Republik Indonesia.

Depkes RI. (2002). Arrime, Pedoman Manajemen [4] Dirjen Yanmed Depkes RI. (1997). Pedoman Pengelolaan Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia, Jakarta : Departemen Kesehatan Puskesmas. Proyek Kesga dan Gizi. Jakarta; Departemen Kesehatan RI.

Edy Widodo, Praktik Wanita Pekerja Seks (WPS) Dalam Pencegahan Penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS) Dan HIV & AIDS Di Lokalisasi Koplak, Kabupaten Grobogan, Dalam Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia Vol. 4 No. 2, Grobogan: Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan, 2009.

Hanafiah, M.J dan Amir A. (1999). Etika Kedokteran dan Hukum Kesehatan, Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran ECG.108

Hakiim Azafilmi,”Konsep Dasar Berfikir Ilmiah dengan Penalaran Deduktif, Induktif, dan Abduktif”, Tugas .Semarang: FT Undip, 2010.

Han, J. and Kamber, M, 2006, “Data Mining Concepts and Techniques Second Edition”. Morgan Kauffman, San Francisco.ms and Intelligent System”,

Kusrini dan Luthfi, E. T., 2009. Algoritma Data Mining. Yogyakarta : Penerbit Andi. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Santosa, Budi, 2007, “Data Mining Teknik Pemanfaatan Data untuk Keperluan Bisnis”, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta. Turban, E, 2005, “Decision Support System

Yulita, Marsela dan Veronica S. Moertini, 2004, “Analisis Keranjang Pasar dengan Algoritma Hash- Based pada transaksi Penjualan di Apotek”, Jurnal Integral Majalah Ilmiah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Vol 9, No 3 (2004), Jurusan Ilmu Komputer Universitas Katolik Parahyang.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Rika Rianty, Patmi Kasih

Downloads

Download data is not yet available.