Sistem Kebutuhan Prioritas Stok Tanaman Hias Toko Rachel Jaya Menggunakan Algoritma K-Means dan EOQ (Economic Order Quantity)
PDF

Keywords

Persedian Prioritas stok toko
Metode EOQ (Economic Order Quantity)
Metode K-Mean.

How to Cite

Setiawan, B. A. P., & Niswatin, R. K. . (2020). Sistem Kebutuhan Prioritas Stok Tanaman Hias Toko Rachel Jaya Menggunakan Algoritma K-Means dan EOQ (Economic Order Quantity). Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(1), 034–042. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.170

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan persediaan toko dengan menggunakan Metode EOQ (Economic Order Quantity), jumlah pembelian bahan baku, jumlah frekuensi pembelian bahan baku, jumlah persediaan pengaman (safety stock), reorder point, dan biaya total persediaan bahan baku. Objek penelitian ini adalah pemilik usaha tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini didapat dengan cara wawancara. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat pemenuhan kebutuhan stok prioritas menurut metode EOQ (Economic Order Quantity) dan pengclusteran dengan metode K-Mean tahun 2017 pada toko Rachel Jaya untuk setiap kali pesan kebutuhan stok. Dengan menggunakan metode EOQ (Economic Order Quantity) tahun 2017 pada Toko Rachel Jaya dapat dilakukan pemesanan sebanyak 12 kali dibandingkan yang digunakan toko lain yaitu hanya sebanyak 7 kali. Ada tiga kebutuhan bisnis yang dapat dilakukan, yaitu penambahan jenis tanaman maupun peningkatan jumlah produk tanaman, pengurangan biaya operasional toko, dan peningkatan efektivitas pemasaran serta keuntungan Dengan menggunakan metode sederhana, Toko Rachel Jaya menerapkan adanya perhitungan clustering menggunakan metode K-mean agar mengetahui nilai prioritas pemesanan. Penerapan metode EOQ dalam perhitungan stok dan K-mean dalam menghitung kebutuhan prioritas pada Toko menghasilkan biaya yang lebih murah jika dibandingkan dengan metode yang selama ini diterapkan oleh perusahaan.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.170
PDF

References

Dea Misbachul Umami , Mohammad Fuad Fauzul Mu’tamar, Rakhmawati Rakhmawati. “Analisis Efisiensi Biaya Persediaan Menggunakan Metode EOQ (Economic Order Quantity) pada PT. XYZ. Madura, Jawa Timur, 2018.

Olivia Elsa Andira. “Analisis Persediaan Bahan Baku Tepung Terigu Menggunakan Metode EOQ (Economic Order Quantity) Pada Roti Puncak Makasar”, Jurnal Ekonomi Bisnis Volume 21 No.3, Desember 2016

Etwin Fibrianie, Dwi Cahyadi, Andi Farid H. “Model Economic Production Quantity (EPQ) dengan Sinkronisasi Demand Kontinu Dan Demand Diskrit pada Produksi Kerupuk Ikan Sungai Khas Kalimantan Timur”, Jurnal Sains Terapan Vol. 4 no. 1, April 2018.

Jessica Juventia, Lusia P.S Hartanti. ”Analisis Persediaan Bahan Baku PT. BS dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ)”, Jurnal Gema Aktualita, Vol. 5 No. 1, Juni 2016.

Ni Ketut Dewi Ari Jayanti, Luh Putu Ayu Prapitasari. “Penerapan Metode EOQ (Economic Order Quantity) Pada Peramalan Stok Barang”, STMIK STIKOM Bali, 9 – 10 Oktober 2015.

Chandra Muhammad Fikri, Fenty Eka Muzayyana Agustin, Fitri Mintarsih. Pengelompokan Kualitas Kerja Pegawai Menggunakan Algoritma K-MEANS++ Dan COP-KMeans Untuk Merencanakan Program Pemeliharaan Kesehatan Pegawai di PT. PLN P2B JB Depok.

Ade Bastian, Harun Sujadi, dan Gigin Febrianto. “Penerapan Algoritma K-Means Clustering Analisis Pada Penyakit Menular Manusia (Studi Kasus Kabupaten Majalengka”. Jurnal Sistem Informasi (Journal of Information System), Volume 14, Issue 1, April 2018.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Bangkit Abraham Putra Setiawan, Ratih Kumalasari Niswatin

Downloads

Download data is not yet available.