Implementasi Logika Fuzzy Mamdani Pada Game Tower Defense
PDF

Keywords

game
logika fuzzy
mamdani
tower defense

How to Cite

Raharjo, Y. D. ., Sahertian, J. ., & Sanjaya, A. . (2020). Implementasi Logika Fuzzy Mamdani Pada Game Tower Defense. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(2), 35–40. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.117

Abstract

Industri Perminan mengalami perkmbangan pesat beberapa tahun terakhir ini. Berdasarkan pada peringkat game terlaris di Play Store pada bulan Januari dan Februari tahun 2020. Banyak game bergenre strategi yang menduduki peringkat 10 besar. Salah satu jenis game strategi adalah Tower Defense. Game yang mengharuskan pemain untuk membangun tower untuk bertahan dari serangan musuh yang berdatangan. Namun karena alur yang monoton membuat pemain cepat merasa bosan. Oleh karena itu diperlukan penambahan suatu logika dalam kemunculan musuh supaya meningkatkan kesulitan dan variasi dalam permainan. Salah satu logika yang sering digunakan dalam permainan adalah logika Fuzzy mamdani. Logika ini dipilih karena memiliki tingkat keakurasian yang tinggi sehingga cocok untuk digunakan dalam permainan ini. Dalam penelitian ini digunakan data uji berupa kekuatan tower sebesar 51 dan waktu 50 detik yang akan digunakan untuk menentukan jumlah musuh yang akan dimunculkan. Dalam pengujian didapatkan hasil sebesar 7,997 yang masuk dalam himpunan jumlah musuh sedikit. Dari pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan logika Fuzzy Mamdani dapat digunakan untuk menentukan jumlah musuh musuh dalam permainan Tower Defense.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.117
PDF

References

Irwansyah, Edy dan Muhammad Faisal. 2015. Advanced Clustering: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: DeePublish.

Pangestu, S. I., Haryanto, H., & Dolphina, E. 2018. Item Adaptif Menggunakan Logika Fuzzy Mamdani Pada Game Bertema Kebersihan Sungai. CCIT Journal, 58-68.

Ratama, Niki, dan Munawaroh. 2019. Kecerdasan Buatan dengan Pemahaman Logika Fuzzy dan Penerapan Aplikasi. Tangerang Selatan: Uwais Inspirasi Indonesia.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 PROSIDING SEMINAR NASIONAL INOVASI TEKNOLOGI

Downloads

Download data is not yet available.