Sistem Instrumentasi Alat Uji Konduktivitas Thermal Logam
pdf

Keywords

konduktivitas thermal
logam
sistem instrumentasi

How to Cite

Auliansyah, M. G. ., Akbar, A., & Pramesti, Y. (2021). Sistem Instrumentasi Alat Uji Konduktivitas Thermal Logam. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(3), 200–205. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i3.1103

Abstract

suatu metode pengukuran dengan menggunakan batang probe dari logam yang dialiri panas dan dengan sensor suhu di tengah bagian dalam pemanas probe untuk mengetahui perubahan suhu yang terjadi di dalam probe. Penelitian ini menggunakan eleman pemanas sebagai sumber panas yang menggunakan tenaga listrik, sementara sensor temperatur yang digunakan yaitu thermocouple yang linear terhadap perubahan suhu. Tegangan listrik akan dikonversikan dari thermocouple diubah menjadi secara digital oleh Temperatur Kontrol, sehingga diperoleh nilai konduktivitas thermal oleh alat uji. Dari hasil percobaan yang telah dilakukan, maka telah didapatkan hasil bahan yang diuji kekonduktivitas termalnya yang memiliki nilai rata-rata konduktivitas pada logam stainless yaitu 49,158 W/m oC lalu untuk logam besi 81,1696 W/m oC. Faktor yang mempengaruhi hasil uji coba dengan hasil refrensi konduktivitas berbeda, dikarenakan kendala sensor thermocouple kurang rapatnya antara sensor dengan benda uji.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i3.1103
pdf

References

Arwizet, K (2014). Ilmu Perpindahan Panas. Padang: UNP Press.

Astuti, I. D. (2015). Universitas Indraprasta PGRI. Penentuan Konduktivitas Termal Logam Tembaga, Kuningan, dan Besi dengan Metode Gandengan , Hal. 32-33.

Charles Kittel, H. K. (1980). Thermal Physics. WIT Freman: San Fransisco.

Crankovic, G. M. (1986). Hand Book in Material Characterization. Amerika: ASM.

Cengel, Y.A. (2010). Thermodinamics An Engineering Approach. New York: McGraw-Hill Higher Education.

J.P. Holman, (2010) Heat Transfer. New York: Mc. Graw-Hill, Companies Inc, tenth Edition (2010).

Pertiwi, P. K., Ristiana, D., Isnaini, N., & Prajitno M.Si, G. (2015). Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) . Uji Konduktivitas Termal pada Interaksi Dua Logam Besi (Fe) dengan 3 Variasi Bahan Berbentuk Silinder, 4.

Mufarrih, A. A. (2017). Modul Fenomena Dasar Mesin. Kediri.UniversitasNusantara PGRI Kediri.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Moch. Gani Auliansyah

Downloads

Download data is not yet available.