Abstract
Peningkatan desain rangka kendaraan KMHE Jayabaya prototype 1.0 menjadi salah satu faktor hal yang selalu menjadi bahan perencanaan untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna. Kendaraan Prototype dengan harapan bisa mengenali kelebihan dan kekurangan pada rangka dari prototype yang dikaji sehingga bisa dijadikan bahan referensi dalam perencanaan kendaraan Prototype. Kontruksi.rangka harus mampu untuk menahan semua beban dari kendaran mulai dari sistem kemudi, sistem suspensi, sistem rem dan kelengkapan lainnya.Salah satu aspek yang menjadi banyak perhatian adalah rangka kendaraan tersebut. Semakin ringan dan kuat bahan dapat mengurangi konsumsi bahan bakar sehingga stabilitas kendaraan tetap aman dalam kondisi beban ,pengereman, dan berbagai kecepatan Saat ini penelitian untuk rangka kedaraan kmhe Jayabaya prototype 1.0 lebih berat, kurang efesien dan kurang ramah lingkungan. Rangka yang berbentuk logam, umumnya logam yang digunakan bisa berbentuk aluminium paduan dengan struktur Rangka yang bisa berbentuk ladder structure .Desain rangka menggunakan Almunium tipe AA356 lebih ringan dibandingkan dengan T6 yang dimiliki Jayabaya prototype. Dari hasil simulasi yang telah dilakukan di dapatkan pertimbangan sebagai alasan bahwa desain rangka Jayabaya prototype 2.0 lebih ringan namun tetap aman bagi pengendara. Berdasarkan analisa simulasi Solidwoks 2014 rangka Jayabaya prototype 2.0, pengujian stress pada mampu menopang beban dengan berat hingga 5,8896x107 N/m2, hasil strain maksimum 3676x104,dan displacement maksimum 5161 mm. Nilai ini dikategorikan nilai yang besar karena rangka kendaraan masih kuat menopang beban besar.
References
Sadikin, Ali. 2013. Perancangan Rangka Chasis MobilListrik Untuk 4 Penumpang Menggunakan SoftwareSiemens Nx8. Universitas Negeri Semarang.
ADRIANA, Marlia; B.P, Anggun Angkasa; MASRIANOR, Masrianor. RANCANG BANGUN RANGKA (CHASIS) MOBIL LISTRIK RODA TIGA KAPASITAS SATU ORANG.
Chusyairi, Miftah. 2013. Rancang Bangun Rangkapada Eleectric City Car. Politeknik Negeri Madiun .
AZDI FAHDITRA, 2017 “Pengaruh Variasi Rata – Rata Konstan Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor Bensin 4 – Langkah
Setiawan M. Aries, 2013. “Pengembangan Desain Frame Chassis Micro Car(Sutera Car) Universitas Negeri Semarang”.
Arya Yudistira Dwinanto, F. B. M. 2015. Analisis Karakteristik Bodi dan Chassis Pada Prototype Kendaraan Listrik , Jurnal Rekayasa Mesin 6.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Daniel Wibawa