Game Edukasi Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung dengan Metode Naïve Bayes
pdf

Keywords

game
matematika
naive bayes

How to Cite

Hamzah , A. N. ., & Widodo, D. W. . (2021). Game Edukasi Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung dengan Metode Naïve Bayes. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(3), 007–014. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i3.1070

Abstract

Perkembangan game di dunia semakin pesat, termasuk di Indonesia. Game juga sudah cukup populer sebagai sarana hiburan atau juga pendidikan dan latihan bagi orang tua, muda, pria maupun wanita, apalagi anak-anak. Game yang populer saat ini adalah game berbasis android. Game dapat menjadi alternatif hiburan untuk mengisi waktu luang yang sangat menyenangkan bagi anak-anak maupun orang dewasa, berdasarkan masalah yang dialami saat ini pada proses belajar mengajar antara guru dengan muridnya dalam ruang kelas yang kreatif, perlu pemanfaatan teknologi sebagai bagian yang ingin direalisasikan. Penelitian ini mengembangkan game edukasi belajar matematika sebagai sarana proses belajar mengajar yang dijalankan dengan sistem android. Pengembangan game ini menggunakan metode naïve bayes dengan pembuatan filter skor untuk menentukan rekomendasi belajar. Game ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar anak khususnya siswa sekolah dasar kelas 3 sampai 5 serta meningkatkan pemahaman tentang cara penghitungan matematika. Hasil yang diperolah dalam penelitian ini adalah game interaktif dan menarik yang mampu membantu siswa meningkatkan pemahaman dan mengurangi kejenuhan dalam pembelajaran matematika.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i3.1070
pdf

References

Vitianingsih A. V.2016. Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Jurnal INFORM . Vol. 1, No. 1.

Fathurochman, D., Witanti, W., Yuniarti, R. 2014. Perancangan Game Turn Based Strategy Menggunakan Logika Fuzzy Dan Naive Bayes Classifier. Prosiding Seminar Nasional Informatika. UPN Veteran Yogyakarta ISSN : 1979-2328.

Simorangkir, H., Lhaksmana, K. M.2018. Analisis Sentimen pada Twitter untuk Games Online Mobile Legends dan Arena of Valor dengan Metode Naïve Bayes Classifier. e-Proceeding of Engineering. Vol.5, No.3 Desember. ISSN : 2355-9365.

Sanjaya, S. W., Akbar, M.A., Afirianto, T.2019. Penerapan Naïve Bayes untuk NPC Braking Decision pada Racing Game. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. e-ISSN: 2548-964X Vol. 3, No. 4. April. hlm. 3252-3257.

Rahayu, S. L., Fujiati.2018. Penerapan Game Design Document Dalam Perancangan Game Edukasi Yang Interaktif Untuk Menarik Minat Siswa Dalam Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol. 5, No. 3. Agustus. hlm. 341-346.

Siswanto, E. 2020. Aksi Penyerangan Non-Player Character (Npc) Menggunakan Metode Naïve Bayes Pada Shooter Game. Skripsi. Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer Jurusan Teknik Elektro UNNES (Universitas Negeri Semarang).

Pressman. 2001. Metode yang digunakan dalam pembuatan multimedia menggunakan waterfall. http://repository.upi.edu/12028/7/S_KOM_1002461_Chapter3.pdf, diakses pada tanggal 2 juni 2021.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Andri Nur Hamzah , Danang Wahyu Widodo

Downloads

Download data is not yet available.