Game Edukasi Pewayangan Pandawa Lima Menggunakan Media Aplikasi RPG (Role Playing Game) Maker Mv
PDF

Keywords

Teknologi dan Game
RPG Maker MV
Game Edukasi Pandawa Lima

How to Cite

Marjuni, M. ., Sahertian, J. ., & Dusea Widyadara, M. A. . (2021). Game Edukasi Pewayangan Pandawa Lima Menggunakan Media Aplikasi RPG (Role Playing Game) Maker Mv. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(2), 174–181. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1033

Abstract

Perkembangan teknologi dan game pada masa sekarang mengalami perkembangan sangat pesat sekali, baik game-game online maupun game-game offline, secara umum game merupakan sebuah aplikasi yang menyimpulkan kehidupan manusia kedalam perangkat lunak. Game dapat menjadi alternatif hiburan untuk mengisi waktu luang yang sangat menyenangkan bagi anak-anak maupun orang dewasa, bedasarkan masalah yang dialami sekarang pada proses belajar mengajar antara guru dengan muridnya pada ruang kelas yang kreatif, maka dilakukanlah pemanfaatan teknologi sebagai bagian yang ingin direalisasikan sebagai sarana proses belajar mengajar, peneliti membuat game edukasi pandawa lima. Dalam menerapkan game ini digunakanlah metode waterfall dengan pembuatan StoryBoard yang tertata maka diperoleh game yang bisa dipahami oleh anak SD kelas 5 dan bisa meningkatkan pemahaman tentang cerita rakyat pandawa lima yaitu Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa.  Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah game ini ada beberapa event yang tidak bisa  ditambahkan tetapi untuk keseluruhan dalam game ini bisa dimainkan dan sudah mendekati dengan konsep awal, game ini sudah bisa dimainkan dan dijalankan dengan sistem dekstop.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1033
PDF

References

Yunanta, D., P. 2017. Game Rescue Idol dengan Menggunakan Metode Finite State Machine (FSM),.ITN MALANG.

Yulsilviana, E, dan Hanifah, E. 2019. Penerapan Metode Finite State Machine (FSM) pada Game Agent Legenda Anak Borneo. SEBATIK 2621-069X.

Marzian, F, dan Mukti, Q..2017. Game RPG The Royal Sword Berbasis Desktop Dengan Menggunakan Metode Finite State Machine (FSM), Jurnal SISFO No.2.Vol.2, https://ojs.unimal.ac.id/sisfo/article/view/244, diakses pada tanggal 18 juni 2021.

Huda, M. 2018. Penerapan Metode Finite State Machine pada Game Adventure the Guardian, Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (JATI) ITN Malang No.2.Vol.2, https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jati/article/view/410, diakses pada tanggal 10 juni 2021.

Bimantoro, T, dan Hanny, H..2016. Pemodelan Perilaku Musuh Menggunakan Finite State Machine (FSM) pada Game Pengenalan Unsur Kimia. Jornal of Apllied Intellegent System No.3.Vol.1, https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/jais/article/view/1254,diakses pada tanggal 11 juni 2021.

Wulandari.2012. Game Edukatif Sejarah Komputer Menggunakan (Role Playing Game Rpg) Maker Xp Sebagai Media Pembelajaran Di Smp Negeri 2 Kalibawang, https://eprints.uny.ac.id/.

Pressman. 2001. Metode yang digunakan dalam pembuatan multimedia menggunakan waterfall dengan model sekuensi liniar, http://repository.upi.edu/12028/7/S_KOM_1002461_Chapter3.pdf, diakses pada tanggal 2 juni 2021.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Mohamad Marjuni, Julian Sahertian, Made Ayu Dusea Widyadara

Downloads

Download data is not yet available.