Aplikasi Sistem Hidraulik Jenis Dongkrak Botol Pada Mesin Pemeras Santan Kapasitas 10kg
PDF

Keywords

Kelapa
Santan
Mesin
Dongkrak
Hidrolik

How to Cite

Prasetiya Choliq, M. F. E. ., & Mahmudi, H. . (2021). Aplikasi Sistem Hidraulik Jenis Dongkrak Botol Pada Mesin Pemeras Santan Kapasitas 10kg. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(2), 062–067. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1014

Abstract

Indonesia merupakan salah satu  negara agrarian yang sebagian besar penduduknya hidup dari hasil perkebunan, salah satunya adalah perkebunan kelapa. Kelapa merupakan tumbuhan yang dapat dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serba guna. Dimana salah satu produk hasil olahannya adalah santan. Santan ini sendiri dihasilkan dari proses pemerasan kelapa parut baik yang manual maupun menggunakan mesin. Kebanyakan mesin pemeras kelapa ini yang kita jumpai adalah mesin peras manual. Hal inilah yang menjadi kendala para produsen santan dalam memenuhi kebutuhan pasar. Dari permasalahan yang ad aini, penulis mencoba merancang sebuah mesin pemeras kelapa yang memanfaatkan sistem hidraulik jenis dongkrak botol yang berfungsi sebagai penekan pada tabung pemeras. Mesin ini terususun atas motor listrik sebagai penggerak utama, kemudian ditransmisikan oleh bearing, pulley, v-belt yang kemudian akan menggerakkan poros. Berdasrkan perhitungan dalam perencanaan perancangan mesin pemeras santan kelapa ini menggunakan poros diameter 210mm dengan menggunakan motor listrik bertenaga 1HP menggunakan pulley sebagai transmisi dengan perbandingan pulley 8 : 30 dengan menggunakan dongkrak jenis botol berkapasitas 5 ton. Dengan sistem ini dapat memepercepat proses produksi serta lebih efisien.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1014
PDF

References

Putra, A. S. S. (2019). Rancang bangun mesin pemeras kelapa parut menjadi santan sistem screw press kapasitas 100kg/jam. Kemampuan Koneksi Matematis (Tinjauan Terhadap Pendekatan Pembelajaran Savi), 53(9), 1689–1699.

Pakaroti, 2018. Perkakas Mesin. Erlangga, Jakarta

Sarawani, Rian. 2017. “PERANCANGAN MESIN PEMERAS PARUTAN KELAPA TUGAS AKHIR.”

Panjogi, pantou janur. (2017). Rancang bangun sistem kontrol mekanik dan pengukuran tekanan pada press machine dengan menggunakan sistem hidrolik.

Hadiwijaya, surya candra. (2015). perancangan press hidrolik daya tekan 1000kg untuk bahan baku krupuk kulit sapi. 1–27.

Wahyudi. 2019. “Perancangan Mesin Pres Geram Sampah Perkakas Menggunakan Sistem Hidrolik.” Proses Pembentukan Geram.

Sularso dan Kiyokatsu Suga. 1997. Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta : Pradnya Paramita.

Dharma, U. S., & Yuono, L. D. (2017). Analisa Pengepresan Dengan Sistem Hidrolik Pada Alat Pembuat Paving Block Untuk Perkerasan Lahan Parkir. Turbo : Jurnal Program Studi Teknik Mesin, 5(1). https://doi.org/10.24127/trb.v5i1.121

C.V.Papade & Vallal . 2016. Literature Review on Solar Operated coconut Oil Extraction Machine. International Journal of Enginering Trends and Technology (IJETT). Vol 36.Number 1.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 M Fanni Eka Prasetiya Choliq, Haris Mahmudi

Downloads

Download data is not yet available.