Rancang Bangun Alat Pemotong Tulang Dan Penggiligan Daging
PDF

Keywords

Gergaji Selendang
Pemotong Tulang
Sistem Penggerak
Daging Dan Tulang

How to Cite

Pratama, G. Y. ., Akbar, A. A., & Mahmudi, H. . (2022). Rancang Bangun Alat Pemotong Tulang Dan Penggiligan Daging. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(2), 102–106. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2567

Abstract

Kebutuhan masyarakat terhadap makanan yang bersumber dari protein hewani seperti daging semakin tinggi sejalan dengan pertumbuhan jumlah penduduk, perubahan selera, gaya hidup, harga dan meningkatnya daya beli masyarakat mempengaruhi permintaan terhadap makanan, melihat peningkatan daging dan tulang terhadap kebutuhan masyarakat yang terhitung tinggi terdapat beberapa kendala pada proses pengolahan. Salah satunya pada proses pemotongan yang masih manual menggunakan pisau golok dan membutuhkan tenaga manual, membutuhkan waktu yang lama, dari tingkat keamanannya juga dinilai kurang aman karena jari tangan sering terkena pisau golok pada saat pemotongan yang mempengaruhi produktifitasnya.Pada rancangan bangun alat peotong tulang dan penggilingan daging ini menggunakan pendekatan perancangan yaitu dengan mendesain ulang alat yang sudah ada dengan ukuran dimensi yang lebih kecil disbanding alat yang sudah ada karena alat ini diperuntukan untuk pemotongan dan penggilingan daging dengan kapasitas yang kecilKarena dinilai lebih praktis dan mudah untuk dipindahkan, untuk kecepatan lebih cepat dan tingkat keamanan yang maksimal. Untuk alat ini akan dibuat dengan menggunakan posisi vertical dan dengan ukuran pisau selendang +-200 cm dan tinggi alat 150 cm. Mesin ini bekerja dengan baik dan meningkatkan produtivitas 2 kali lebih cepat dibandingan manual.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2567
PDF

References

Aristyo Ardi, A. A. (Ed.). 2019. Rancang Bangun Mesin Pemotong Balok Kayu Serbaguna Dengan Sistem Kontrol Otomatis (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Majapahit Mojokerto).

Beni, S. (Ed.). 2018. Pengaruh Jenis Pengelasan Terhadap Laju Korosi Pada Plat Stainless Steel (Ss) 304 (Doctoral Dissertation, Universitas Wahid Hasyim Semarang).

Hamzah, M. S., & Iqbal, M. (2008). Peningkatan ketahanan aus baja karbon rendah dengan metode carburizing. SMARTek, Jurnal.untad.ac.id

Henchion, M., McCarthy, M., Resconi, V. C., & Troy, D. (2014). Meat consumption: Trends and quality matters. Meat science, 98(3), 561-568.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Garin Yoga Pratama; Ali Akbar Akbar, Haris Mahmudi

Downloads

Download data is not yet available.