Strategi Pemasaran Pakan Komplit Sapi Potong

Authors

  • sutawi sutawi Universitas Muhammadiyah Malang
  • Tatag Mutaqin Universitas Muhammadiyah Malang
  • Tedjo Budiwijono Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.29407/hayati.v6i1.633

Keywords:

pakan komplit, strategi pemasaran, SWOT

Abstract

Peningkatan populasi dan produktivitas sapi potong lokal dalam upaya mencapai swasembada daging memerlukan dukungan ketersediaan pakan yang cukup baik kuantitas maupun kualitasnya, misalnya pakan komplit. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengidentifikasi faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pemasaran pakan komplit sapi potong; dan (2) Merumuskan strategi pemasaran pakan komplit sapi potong. Identifikasi faktor-faktor internal dan eksternal pakan komplit dilakukan dengan metode survei pada kelompok-kelompok peternak sapi potong yang telah diberi sampel pakan komplit, sedangkan perumusan strategi pemasaran dilakukan dengan analisis SWOT (Rangkuti, 2005). Berdasarkan perhitungan nilai IFAS diketahui bahwa nilai kekuatan pakan komplit 1,398 lebih rendah daripada nilai kelemahan 1,981 dengan selisih -0,583, sedangkan perhitungan nilai EFAS menunjukkan nilai peluang 1,671 lebih rendah daripada nilai ancaman 1,951 dengan selisih -0,280. Strategi pemasaran pakan komplit yang sesuai adalah strategi WT (meminimalkan kelemahan dan menghindari ancaman). Beberapa kegiatan yang perlu dilakukan produsen pakan komplit antara lain: (1) Memaksimalkan penggunanaan bahan baku limbah pertanian yang tersedia di wilayah setempat untuk menekan biaya pembuatan pakan komplit, dan (2) Bekerja sama dengan Gapoktan atau KUD dalam sebagai distributor dalam pemasaran pakan komplit sapi potong.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Disnak Jatim. 2015. Buku Peternakan Dalam Data 2015. Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur.

Jannah, U.R., Suryahadi, dan Hardjomidjojo, H. 2012. Strategi Pemasaran Wafer Ransum Komplit untuk Ternak Sapi. Jurnal Manajemen IKM, Februari 2012 Vol. 8 No. 1: 57-70

Kementan. 2015. Rencana Strategis Kementerian Pertanian Tahun 2015-2019. Jakarta: Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Mariyono dan E. Romjali. 2007. Petunjuk Teknis Teknologi Inovasi ‘Pakan Murah’ Untuk Usaha Pembibitan Sapi Potong. Pusat Penelitian Dan Pengembangan Peternakan Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian Departemen Pertanian.

Rangkuti, F.. 2005. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Yuwono, D.M. dan Subiharta. 2010. Pengaruh Kualitas Pakan Terhadap Pertambahan Bobot Badan Sapi Potong Pada Kegiatan Pendampingan PSDS di Kabupaten Magelang. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Tengah

Downloads

Published

2018-09-22

How to Cite

sutawi, sutawi, Mutaqin, T., & Budiwijono, T. . (2018). Strategi Pemasaran Pakan Komplit Sapi Potong. Prosiding Seminar Nasional Hayati, 6(1), 286–292. https://doi.org/10.29407/hayati.v6i1.633