ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR STRATEGI BELAJAR MENGAJAR BAGI MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS ISLAM BALITAR BLITAR

Authors

  • Eva Nurul Malahayati Universitas Islam Balitar
  • Mei Dwi Iasniwati Universitas Islam Balitar
  • Riska Sofiani Nurhidayah Universitas Islam Balitar

DOI:

https://doi.org/10.29407/hayati.v7i1.581

Keywords:

Analisis Kebutuhan, Buku Ajar, Strategi Belajar Mengajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kebutuhan bahan ajar strategi belajar mengajar. Analisis kebutuhan awal bahan ajar mengacu pada model penelitian dan pengembangan 4D oleh Thiagarajan, dkk. (1974). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis angket kebutuhan pengembangan bahan ajar menunjukkan sebanyak 92,31% mahasiswa membutuhkan buku ajar strategi belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Irawati, H. & Saifuddin, M.F. 2018. Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pengantar Profesi Guru Biologi Di Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Jurnal Pembelajaran Biologi, 7 (2), 48-51.

Nugroho, A. A., Sajidan, Masykuri, M., 2014, Active Learning in Higher Education (ALIHE) pada pembelajaran Biokimia melalui Model Problem Based Cycle-Learning (PBCL), Prosiding Seminar Nasional Biologi/IPA dan Pembelajarannya, Malang, 1 November 2014.

Pangestuti, A.A., & Setiawan, D. 2017. Analisis Kebutuhan Buku Ajar Taksonomi Tumbuhan Berbasis Pendekatan Kontruktivisme bagi Mahasiswa Program studi Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang. Prosiding Seminar Nasional Hayati, Kediri, 4 November 2017.

Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sadiman, A.S. 2009. Media Pendidikan: Pengertian dan Pemanfaatannya Edisi 1 Cetakan Ke-13. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., and Semmel, M.I.. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washington: National Center for Improvement of Educational.

Thompson, F. & Logue, S. 2006. An Exploration of Common Student Misconceptions in Science. International Education Journal, 7 (4), 553-559.

Downloads

Published

2019-09-23

How to Cite

Malahayati, E. N., Iasniwati, M. D., & Nurhidayah, R. S. (2019). ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR STRATEGI BELAJAR MENGAJAR BAGI MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS ISLAM BALITAR BLITAR. Prosiding Seminar Nasional Hayati, 7(1), 181–185. https://doi.org/10.29407/hayati.v7i1.581