CHATBOT PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SMK INTENSIF BAITUSSALAM MENGGUNAKAN NLP

Authors

  • Reno Rana Rafi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Andreas Setiawan Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Asyadam Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ardi Sanjaya Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/4vbz3e19

Keywords:

Chatbot, Website, PPDB, Python

Abstract

AbstrakSeiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, berbagai sektor kehidupan, khususnya di bidang pendidikan, semakin terdorong untuk mengadopsi solusi digital guna meningkatkan efisiensi dan transparansi layanan. Salah satu tantangan dalam pendidikan adalah manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), yang selama ini masih dilakukan secara manual di banyak institusi pendidikan. Proses manual ini sering kali tidak terstruktur, mengakibatkan kesalahan pencatatan, keterlambatan pengolahan data, dan kurangnya akses informasi yang mudah bagi calon peserta didik maupun orang tua. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian ini mengusulkan pengembangan chatbot berbasis kecerdasan buatan yang dapat diintegrasikan ke dalam sistem PPDB. Chatbot ini dirancang untuk memberikan informasi lengkap dan otomatis mengenai tahapan PPDB, panduan pendaftaran, serta menjawab pertanyaan secara umum interaktif dan cepat. Dengan implementasi chatbot ini, diharapkan layanan PPDB di SMK Intensif Baitussalam dapat menjadi lebih efisien dan transparan, memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna, serta mengurangi ketergantungan pada waktu operasional layanan administrasi sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Furqan, S. Sriani, dan M. N. Shidqi, “Chatbot Telegram Menggunakan Natural Language Processing,” Walisongo J. Inf. Technol., vol. 5, no. 1, hal. 15–26, 2023, doi:

21580/wjit.2023.5.1.14793.

R. Z. Ramadhani, H. Rusdianto, dan V. Yahya, “Rancang Bangun Aplikasi Pusat Informasi Sekolah Dengan Penerapan Chatbot Menggunakan Aiml Berbasis Android Pada Smk Otomotif Al Husna Tangerang,” JIKA (Jurnal Inform., vol. 3, no. 2, 2019, doi: 10.31000/jika.v3i2.2076.

E. M. Kusumaningtyas, A. Barakbah, dan C. W. Murti, “CHATBOT TENTANG PENERIMAAN MAHASISWA BARU,” vol. xx, no. xx, hal. 1–10, 2022.

D. Apriliani, S. F. Handayani, dan I. T. Saputra, “Implementasi Natural Language Processing (NLP) Dalam Pengembangan Aplikasi Chatbot Pada SMK YPE Nusantara Slawi,” Techno.Com, vol. 22, no. 4, hal. 1037–1047, 2023, doi: 10.33633/tc.v22i4.9155.

T. A. Zuraiyah, D. K. Utami, dan D. Herlambang, “Implementasi Chatbot Pada Pendaftaran Mahasiswa Baru Menggunakan Recurrent Neural Network,” J. Ilm. Teknol. dan Rekayasa, vol. 24, no. 2, hal. 91– 101, 2019, doi: 10.35760/tr.2019.v24i2.2388.

Downloads

Published

2025-01-20

How to Cite

CHATBOT PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SMK INTENSIF BAITUSSALAM MENGGUNAKAN NLP. (2025). Seminar Nasional Teknologi & Sains, 4(1), 130-135. https://doi.org/10.29407/4vbz3e19

Similar Articles

1-10 of 35

You may also start an advanced similarity search for this article.