STRATEGI PEMASARAN ROKOK HALIM DI KEDIRI DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DI PASAR LOKAL MENGGUNAKAN METODE SWOT

Authors

  • Nanda Erika Sabila Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Najwa Ferrisa Emmeline Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Widia Ayu Maya Sari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nadzela Serefina Alfaila Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Arthur Daniel Limantara Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/vytzfg46

Keywords:

Strategi Pemasaran, SWOT, Rokok Halim, Daya Saing, Kediri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran Rokok Halim di Kediri guna meningkatkan daya saing di pasar lokal. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara semi-terstruktur dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rokok Halim memiliki kekuatan berupa harga terjangkau dan citra sebagai produk lokal, namun menghadapi kelemahan dalam promosi digital dan inovasi produk. Peluang yang dapat dimanfaatkan termasuk dukungan konsumen terhadap produk lokal dan pemanfaatan media sosial, sementara ancamannya adalah regulasi ketat dan persaingan merek besar. Kebaruan dari penelitian ini adalah penerapan strategi SWOT secara menyeluruh dalam merumuskan arah pengembangan produk lokal rokok untuk bertahan di tengah regulasi yang ketat dan perubahan preferensi konsumen. Strategi yang disarankan meliputi inovasi produk, penguatan promosi digital, serta kolaborasi dengan komunitas lokal.

References

[1] Permana A, Khaira Ramdhanni D, Firmansyah R. Analisis Dampak Kenaikan Ekspor Tembakau Indonesia Terhadap Beacukai Negara. J Penelit Multidisiplin Ilmu 2023;2:1177–84.

[2] Rahajeng Y. Analisis SWOT Sebagai Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing. J Ilm Ecobuss 2022;10:117–24. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v10i2.1136.

[3] Santosa PB, Rifai B. Analisis Industrirokok Kretek Di Indonesia Tahun 1976 - 2001. J Ekon Pembang Kaji Masal Ekon dan Pembang 2021;6:227. https://doi.org/10.23917/jep.v6i2.4003.

[4] Aisyah S, Ode, La S. Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Peringatan Bahaya Merokok Pada Kemasan Rokok di Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Valuta 2021;1:336–52.

[5] Rahmawati S, Sutantri. Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Bisnis Toko Surabaya Ampel Kota Kediri. J At-Tamwil Kaji Ekon Syariah 2019;1:90–117. https://doi.org/10.33367/at.v1i2.1061.

[6] Ramadhan SD, Hukum F, Airlangga U. PENURUNAN JUMLAH PEROKOK ANAK ( PERBANDINGAN HUKUM NEGARA 2024;12:2916–33.

[7] Rahayu Ningrum D, Toiba H. the Role of Tobacco Processing Industry Toward Regional Economy and Employment in Ponorogo Regency, East Java. Habitat 2021;26:173–82.

[8] Suriono Z. Analisis SWOT dalam Identifikasi Mutu Pendidikan. ALACRITY J Educ 2022;1:94–103. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i3.50.

[9] Dian Y, Perdana P. Ilham Juniedi Hajir. J Mhs Entrep 2024;3:1–9.

[10] Sasoko DM, Mahrudi I. Teknik Analisis SWOT Dalam Sebuah Perencanaan Kegiatan. J Perspektif-Jayabaya J Public Adm 2023;22:8–19.

[11] Hanyfah S, Fernandes GR, Budiarso I. Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. Semnas Ristek (Seminar Nas Ris dan Inov Teknol 2022;6:339–44. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5697.

[12] Romdona S, Junista SS, Gunawan A. Teknik Pengumpulan Data. JISOSEPOL J ILMU Sos Ekon DAN Polit 2024;3:39–47.

[13] Amalia RN, Dianingati RS, Annisaa’ E. Pengaruh Jumlah Responden terhadap Hasil Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan dan Perilaku Swamedikasi. Generics J Res Pharm 2022;2:9–15. https://doi.org/10.14710/genres.v2i1.12271.

[14] Nofita Rupawan Zebua. ANALISIS SWOT PADA USAHA RUMAH MAKAN NASIONAL. J Ilm Mhs Nias Selatan 2024;4:135–42.

[15] Andini P, Kurnia BPY, Suryadi U, Hudori HA, Pratama FEA. Strategi Peningkatan Kualitas Produk Rokok Kretek “Gagak Hitam” Dengan Menggunakan Metode SWOT dan AHP di Perusahaan Rokok Gagak Hitam Kabupaten Bondowoso. J Ilm Inov 2021;21:95–101. https://doi.org/10.25047/jii.v21i2.2639.

Downloads

Published

2025-08-10

How to Cite

Sabila, N. E., Emmeline, N. F., Sari, W. A. M., Alfaila, N. S., & Limantara, A. D. . (2025). STRATEGI PEMASARAN ROKOK HALIM DI KEDIRI DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DI PASAR LOKAL MENGGUNAKAN METODE SWOT. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 1705-1714. https://doi.org/10.29407/vytzfg46

Similar Articles

1-10 of 609

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6