PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN, STRATEGI PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA USAHA SPAREPART DAN BENGKEL EKO NGANJUK KEC. NGRONGGOT
DOI:
https://doi.org/10.29407/djzsry29Keywords:
Persepsi Konsumen, Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kepercayaan KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen, strategi promosi dan kualitas produk terhadap kepercayaan konsumen pada Usaha Sparepart dan Bengkel Eko Nganjuk Kecamatan Ngronggot. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan metode penyebaran angket/kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling yang terdapat di Non Probability Sampling dan mendapatkan sampel sebanyak 86 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara teori ketiga variabel bebas memiliki pengaruh terhadap variabel terikat, namun secara statistik ketiga variabel tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Hal ini dapat dibuktikan pada uji analisis regresi linear berganda yang menunjukkan bahwa nilai persepsi konsumen sebesar 0,083, strategi promosi sebesar -0,008, dan kualitas produk sebesar 0,041. Hal ini disebabkan oleh faktor lain diluar model yang belum dimasukkan dan responden yang belum terlalu terpengaruh oleh faktor tersebut. Maka, akan lebih baik jika ditinjau kembali strategi promosi yang digunakan dan meningkatkan kualitas produk agar hasilnya bisa dirasakan langsung oleh konsumen.
References
[1] Novertiza, E. C. K., & Khasanah I. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Kepercayaan Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Bengkel Las Sinar Baru Di Jepara. Diponegoro J Manag 2016;5:1–13.
[2] Yolanda R, Hardilawati WL, Hinggo HT. Pengaruh Perceived Quality , Customer Relationship Marketing dan Store Atmosphere Terhadap Loyalitas Konsumen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau. Econ Account BUSSINES J 2021;1:146–56.
[3] Markoniaswan. Pengaruh Persepsi Kualitas Layanan, Citra Perusahaan, dan Persepsi Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Bengkel Sepeda Motor Honda AHASS Putra Jaya Kota Bengkulu. Creat Res Manag J 2021;2:35–47.
[4] Rahmad mahdun et al. Menciptakan Kepuasan Konsumen Pada Jasa Servis Motor Berdasarkan Persepsi Pelanggan Bengkel Sugeng Jaya Motor. Simp Manaj dan bisnis II 2023;2:1–11.
[5] Pontolawokang, R., Tumbuan, W. J., & Kawet RC. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Knalpot Proliner di Alfa Motor Manado. J EMBA J Ris Ekon Manajemen, Bisnis dan Akunt 2023:983–91.
[6] Karmila. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bengkel Las Barokah di Binuang. J Akunt Ekon 2022;02:1–7.
[7] Lupiyoadi. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Pembelian di Bengkel. Mak J Manaj 2020;2.
[8] Tahendrika A. Kualitas Produk dan Jasa, Kepuasan Pelanggan dan Profitabilitas Pada Bengkel AHASS Sumber Jaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. J Ekon dan Manaj Teknol 2021;1:14–30.
[9] Aldaan Faikar Annafik MR. Analisis Pengaruh kualitas Produk, Harga, dan Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Yamaha. Manajer Pendidik 2022;1:1–8.
[10] Alfernando Marga Putra EB. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Alita Desa Banggah Sidoarjo. EKOMABIS J Ekon Manaj Bisnis 2023;2.
[11] Tina Susanti. Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Waroeng Spesial Sambal cabang Tembalang, Semarang). Econ Educ Anal J 2022;02.
[12] Adianta , Nurjannah R. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Bengkel Revan Motor di Desa Lalong Kecamatan Walendrang. J Manaj Teor dan Ter J Theory Appl Manag 2023;1.
[13] Masitha Kurnia Sari Siregar. Pengaruh Citra Merk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Bina Ekon 2020;I.
[14] Rohmawati MR. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Paket Data Pada Konter. senmea 2024.
[15] Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung Alf 2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Puput Meriana Sari, Efa Wahyu Prasetyaningtyas, Rr. Forijati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
