KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DI KABUPATEN KUDUS SELAMA PANDEMI COVID–19
PDF

Keywords

Tax Compliance, MSME, Covid–19

How to Cite

Antika , F. N. ., Budiman, N. A. ., & Mulyani , S. . (2020). KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DI KABUPATEN KUDUS SELAMA PANDEMI COVID–19 . Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 5(1), 408–417. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/282

Abstract

Taxes are the national backbone. The financial condition of MSMEs during the Covid–19 pandemic has decreased. May 2020, tax revenue has decreased by 10,82%. Compilance to pay taxes is even more crucial in the midst of the large funding needs from the goverment. The study aims to analyze the compilance of MSME taxpayers in Kudus Regency during the Covid – 19 pandemic. The goverment needs to pay special attention to this sector because the contribution of MSMEs to the national economy is quite large. The sampling technique used purposive sampling with 51 respondents. Analysis techniques by using multiple regression techniques. The results of the research prove that the service quality of tax officers and tax socialization has a positive effect partially on taxpayer compilance, while tax sanctions, tax compilance costs, and financial conditions partially do not affect taxpayaer compliance.

PDF

References

Aryandini, Saumi. 2016. Pengaruh Kewajiban Moral, Pemeriksaan Pajak, dan Kondisi Keuangan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Usaha Hotel yang Terdaftar di Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru. JOM Fekon Vol. 3 No. 1, hal. 1463-1477.

Ardayani, Putu Vio Narakusumo dan I Ketut Jati. 2019. Pengaruh Tax Amnesty dan Kondisi Keuangan pada Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. E–Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol. 26 No. 3, hal. 1741–1768.

Arini, Nurmalita Agus dan Sumaryanto. 2019. Pengaruh Kewajiban Moral, Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kesadaran Membayar Pajak, Kualitas Pelayanan, Pemeriksaan Pajak, Kondisi Keuangan, dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan. Repository Universitas Ahmad Dahlan.

Bandura, Albert dan National Inst of Mental Health. 1986. Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Prentice-Hall, Inc.

Fuadi, Arabella Oentari dan Yenni Mangoting. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, Sanksi Perpajakan dan Biaya Kepatuhan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Tax & Accounting Review Vol. 1 No. 1, hal. 18-27.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Heider, Fritz. 1958. The Psychology of Interpersonal Relations. London: Lawrence Erlbaum Associates.

Indriyani, Novita dan Noor Shodiq Askandar. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biaya–Biaya Kepatuhan Pajak dan Penerapan E-Filing pada Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus di Desa Sengguruh Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi Vol. 7 No. 7, hal. 1-13.

Maharani, Sari, Farida Titik Kristanti dan Kurnia. 2019. Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan Perpajakan, Tarif Pajak, dan Ketegasan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris pada Usaha Mikro Kecil Menengah yang Terdaftar sebagai Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cicadas Periode 2019). E-Proceeding of Management Vol. 6 No. 2, hal. 3593-3601.

Noviana, Rika, Afifudin dan Hariri. 2020. Pengaruh Sosialisasi Pajak, Tarif Pajak, Penerapan PP No. 23 Tahun 2018 dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris pada Wajib Pajak UMKM di Kabupaten Sampang). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi Vol. 09 No. 4, hal. 51-67.

Nurhayati, Nunung, Elly Halimatusadiah dan Diamonalisa. 2015. Influence of Tax Officer Service Quality and Knowledge of Tax on Individual Taxpayer Compilance in Tax Office (KPP) Bojonagara Bandung. International Jurnal of Applied Research Vol.1 No. 8, hal. 805-809.

Nurvita, Mutia. 2016. Pengaruh Persepsi Pengetahuan dan Pemahaman, Sosialisasi Perpajakan, Kondisi Keuangan dan Ketegasan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2013 (Studi Kasus atas Wajib Pajak Pemilik UKM pada KPP Pratama Cirebon). Repository Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Pratama, Rexy Anugerah dan Erly Mulyani. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, Sanksi Perpajakan dan Biaya Kepatuhan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Kota Padang. Jurnal Eksplorasi Akuntansi Vol. 1 No. 3, hal. 1293-1306.

Pujiastawa, I Made Wiguna, I Nyoman Putra Yasa dan Putu Eka Dianita Marvilianti Dewi. 2017. Pengaruh Kondisi Keuangan Wajib Pajak, Sikap Rasional, Pelayanan Fiskus dan Keadilan Distributif terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris pada WPOP KPP Pratama Tabanan). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 8 No. 2.

Rahayu, Siti Kurnia. 2010. Perpajakan Indonesia: Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Susmita, Putu Rara dan Ni Luh Supadmi. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biaya Kepatuhan Pajak, dan Penerapan E-Filing pada Kepatuhan Wajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana No. 14 No. 2, hal. 1239-1269.

Tahar, Afrizal dan Arnain Kartika Rachman. 2014. Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Journal of Accounting and Investment Vol. 15 No. 1, hal. 56-67.

Torgler, Benno. 2003. Tax Morale: Theory and Analysis of Tax Compilance. Unpublished doctoral dissertion, University of Zurich, Switzerland.

Undang – Undang Nomor 16 Tahun 2009 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.