Peningkatan Resiliensi Peternak Pasca Pandemi Covid-19 Menuju Kemandirian Peternakan

Main Article Content

Guruh Sukma Hanggara
Rony Heri Irawan
Elsanda Merita Indrawati
Adi Bagus Prasetyo
Ahmad Badaruzzaman

Abstract

Pandemi covid-19 membawa dampak luar biasa pada perekonomian negara, peternakan ayam broiler/ potong tidak luput dari dampak tersebut. Di desa jombok, para peternak yang menjalankan system kemitraan inti plasma, banyak yang merugi karena tingginya proses produksi yang tidak diimbangi oleh harga beli dari mitra inti. Dengan keadaan tersbut banyak peternak yang memilih untuk menghentikan operasional ternaknya. Setelah pandemic berlalu, ternyata mereka kesulitan untuk bermitra kembali karena sarana dan kandang yang digunakan tidak lagi memenuhi kriteria mitra inti. Dengan resiliensi rendah dan penuh dengan keraguan mereka menjalankan peternakan secara mandiri dengan hasil yang tidak maksimal. Melalui PKM ini, tim pengusul menjalankan beberapa solusi antara lain: 1) konseling dalam rangka meningkatkan keyakinan dan kepercayaan diri peternak, 2) menyelenggarakan bimbingan dan pelatihan utnuk meningkatkan pengetahuan pengelolaan ternak secara mandiri, 3) Melakukan peremajaan pada sarana pokok yang digunakan untuk mengoperasikan peternakan, 4) Melakukan perbaikan minor pada kendang serta penambahan bibit unggul. Adapaun luaran yang ditargetkan dari kegiatna ini yaitu mulai dari publikasi jurnal dan prosiding nasional, artikel pada media masa, video kegiatan yang telah terunggah pada youtube, serta peningkatan pemberdayaan mitra.

Article Details

How to Cite
Hanggara, G. S., Irawan, R. H. ., Indrawati, E. M. ., Prasetyo, A. B. ., & Badaruzzaman, A. . (2022). Peningkatan Resiliensi Peternak Pasca Pandemi Covid-19 Menuju Kemandirian Peternakan. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 7(1), 1199–1205. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/2682
Section
Articles

References

Asror, M. (2020). Studi Analisis Program Bimbingan Konseling Komprehensif Berbasis Islam Untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa. Pamomong: Journal of Islamic Educational Counseling, 1(1), 1-13.

Athiyah, I. (2021). Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal dengan E-Learning melalui Pembelajaran Berbasis Project untuk Meningkatkkan Resiliensi Kepala Sekolah di Masa Covid-19. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 9(1), 59-70.

Eley DS, Cloninger CR, Walters L, Laurence C, Synnott R, Wilkinson D. The relationship between resilience and personality traits in doctors: implications for enhancing well being. PeerJ. 2013 Nov 19;1: e216. doi: 10.7717/peerj.216. PMID: 24282675; PMCID: PMC3840414.

Fitri, H. U., & Kushendar, K. (2019). Konseling kelompok cognitive restructuring untuk meningkatkan resiliensi akademik mahasiswa. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 1(2), 67-74.

Mahmood & Ghaffar. (2014). Resilience and Subjective Well-being among survivors of Dengue Fever. Journal of Education and Practice, Vol. 5, No.30 25.

Mashudi, E. A. (2016). Konseling rational emotive behavior dengan teknik pencitraan untuk meningkatkan resiliensi mahasiswa berstatus sosial ekonomi lemah. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 66-78.

Missasi, V., & Izzati, I. D. C. (2019, November). Faktor–faktor yang mempengaruhi resiliensi. In Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (pp. 433-441).

Nurdian, M. D., & Anwar, Z. (2014). Konseling kelompok untuk meningkatkan resiliensi pada remaja penyandang cacat fisik (difable). Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2(1), 36-49.

Pidgeon, A. M., Coast, G., Coast, G., Coast, G., & Coast, G. (2014). Examining characteristics of resilience among university students: An international study. Open journal of social sciences, 2(11), 14.