Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Project-Based Learning
PDF

Keywords

Pembelajaran Berdiferensiasi
Project-Based Learning
Penelitian Tindakan Kelas
Hasil Belajar Siswa

How to Cite

[1]
“Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Project-Based Learning”, Seinkesjar, vol. 5, no. 1, pp. 721–734, Sep. 2025, doi: 10.29407/tavj7272.

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini mengkaji efektivitas implementasi pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi Project-Based Learning (PjBL) terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Latar belakangnya adalah keragaman kebutuhan belajar siswa yang sering tidak terakomodasi, menyebabkan rendahnya motivasi dan capaian. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan implementasi dan menganalisis peningkatan hasil belajar melalui PTK dua siklus. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi, dan angket, dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Temuan menunjukkan peningkatan signifikan persentase ketuntasan hasil belajar siswa: dari 27.58% pada pra-siklus, menjadi 50.28% pada siklus I, dan mencapai 96.55% pada siklus II. Observasi juga mencatat peningkatan partisipasi, antusiasme, dan kolaborasi. Peningkatan ini disebabkan diferensiasi mengakomodasi gaya belajar, sementara PjBL mendorong keterlibatan aktif dan keterampilan abad ke-21. Disimpulkan, pembelajaran berdiferensiasi berbasis PjBL efektif meningkatkan hasil belajar holistik dan mengembangkan keterampilan penting, menawarkan solusi inovatif untuk lingkungan belajar inklusif.

PDF

References

Akhiruddin, A., Bashori, I., & Pasiamping, Y. (2024). The Influence of Differentiated Learning Strategies on Motivation and Geography Learning Outcomes. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(3), 3732–3741. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i3.5073

Aliftika, O., Purwanto, P., & Utari, S. (2019). Profil Keterampilan Abad 21 Siswa SMA pada Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Materi Gerak Lurus. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 4(2), 141–147. https://doi.org/10.17509/wapfi.v4i2.20178

Almujab, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi: Pendekatan Efektif Dalam Menjawab Kebutuhan Diversitas Siswa. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8, 1–17. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Avivi, A. A., Pramadhitta, A. D., Rahayu, F. F., Saptariana, M., & Salamah, A. U. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Project Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Kelas X pada Materi Bioteknologi. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 3(3), 251–258.

Car, L. T., Myint Kyaw, B., Dunleavy, G., Smart, N. A., Semwal, M., Rotgans, J. I., Low-Beer, N., & Campbell, J. (2019). Digital problem-based learning in health professions: Systematic review and meta-analysis by the digital health education collaboration. Journal of Medical Internet Research, 21(2), 1–12. https://doi.org/10.2196/12945

Dwi Puspitaningrum, N., Ma’rufah, F., & Vismayanti, E. (2024). Penggunaan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III Sekolah Dasa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(03), 132–141. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17391

Effendi, M. I., & Yoto, Y. (2024). Pembelajaran Abad-21 Melalui Model Project Based Learning Terintegrasi STEM (PJBL-STEM) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 9(1), 67. https://doi.org/10.28926/briliant.v9i1.1637

Fadillah, N. L. (2024). Implementasi Model PJBL Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X. Jurnal MediaTIK, 7(3), 63–68. https://doi.org/10.59562/mediatik.v7i3.4533

Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 67–73. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73

Hamidah, H., Fauziah, T. A. S. R. S., Nirwansyah, R. A. P. R. A. G., & Publisher. (2020). HOTS-OrientedModule project-based learning. www.qiteplanguage.org First

Hannah, I. H., Pratiwi, D. E., & Hastungkoro, H. N. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Project Based Learning Pada Materi Bagian-bagian Rumah di Kelas 1 SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya. Journal of Science and Education Research, 3(2), 24–29. https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.126

Herawati, S., Wahyuni, Y., Halimah, N., Gayatri, H., & Anggita, Y. (2025). Meta-Analisis : Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi dengan PjBL terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. 14(2), 2459–2468.

Jannah, A., Mahfud, M. Z., & Komarayanti, S. (2023). IMPLEMENTASI PjBL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER. ScienceEdu: Jurnal Pendidikan IPA, VI(1), 23–31.

Lindawati, L. (2022). Pendekatan Differentiated Instruction Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Caption Siswa Kelas Xii Mipa-1 Di Sman 1 Peukan Baro. Jurnal Real Riset, 4(1), 6–11. https://doi.org/10.47647/jrr.v4i1.544

Malehere, D. A. P., & Listiani, T. (2024). Penerapan Differentiated Instruction Berbasis Kurikulum Merdeka untuk Mendorong

Pemahaman Konsep Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 353–367. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.5753

Rasyid, M. Al, & Khoirunnisa, F. (2021). The Effect Of Project-Based Learning On Collaboration Skills Of High School Students. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 9(1), 113. https://doi.org/10.26714/jps.9.1.2021.113-119

Simanjuntak, S. D., Tinambunan, R., Imelda, I., Sembiring, R. K., & Sitepu, I. (2023). Effectiveness of Differentiation Learning Strategies in

Mathematics Learning at Junior High School. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 247–258. https://doi.org/10.51276/edu.v4i1.310

Suharsini Arikunto. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. 1–2.

Taufik Apriliani, Dahlia Dahlia, & Sri Artati Waluyati. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas X.3 SMA Negeri 6 Palembang. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 4(2), 438–449. https://doi.org/10.37304/enggang.v4i2.15516

Ummah, M. S. (2023). Penelitian Tindak Kelas. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Utami, F. N., & Wardani, K. W. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas pada IPAS Kelas V. Jurnal Basicedu, 8(4), 3471–3878. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.7893

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2025 Hariyono, M. Anas, Muchamad Muchson