Abstract
Penelitian ini berfokus pada motivasi siswa dalam memilih sekolah dan pengaruhnya terhadap perencanaan karier mereka. Motivasi siswa dapat berasal dari berbagai sumber seperti aspirasi pribadi, dukungan keluarga, kualitas pendidikan, dan prospek karier. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor tersebut dan bagaimana mereka mempengaruhi perencanaan karier siswa. Metode yang digunakan meliputi uji validitas dan reliabilitas instrumen untuk memastikan konsistensi dan akurasi pertanyaan dalam kuesioner, serta uji normalitas dan linearitas sebagai bagian dari uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa memiliki pengaruh signifikan terhadap perencanaan karier mereka. Semakin tinggi motivasi siswa dalam memilih sekolah, semakin baik perencanaan karier mereka. Dukungan dari guru dan orang tua sangat penting dalam membantu siswa merencanakan masa depan mereka dengan baik.
References
Afriyani, E., Suklani, S., & Ridwan, W. A. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah (MA) An-Nur Kota Cirebon (Studi pada Pembelajaran Aqidah Akhlak). Al- Tarbawi AlHaditsah : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 80–93. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v2i1.2029
Ahmadi, A. (1991). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Allsabah., M. Akbar Husein, & Harmono., S. (2022). Survey of Gross Motor Skills on Students of State Elementary School 2 Mojoroto, Kediri City. Competitor : Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 14(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26858/cjpko.v14i2.35508
Allsabah, Muhammad Akbar Husein, Putra, R. P., & Sugito. (2023). Body mass index and physical fitness level of elementary school students. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 4(3), 215–229. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/esijope.2023.vol4(3).13775
Depdiknas. (2007). Belajar dan Berkarya Suatu Tinjauan Psikologis untuk Pengelola Program Akselerasi. Jakarta: Direktorat Jederal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Erezka, R. (2022). Motivasi Siswa Memilih Sekolah, Prestasi Belajar dan Perencanaan Arah Karier Siswa Sekolah Menengah Atas. Indonesian Journal of Counseling and Development, 4(1
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. In Badan Penerbit Universitas Diponegoro (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Goodyear, у Hall, DT (2004), The protean career: A quartercentury journey. Journal of Vocational Behavior, 65, 1.
Hadiarni & Irman. (2009). Konseling Karier. Padang: STAIN Batusangkar Press.
Herr, E. L., & Cramer, S. H. (1988). Career guidance and counseling through the life span: Systematic approaches. Scott, Foresman & Co.
Hall, D. T. (1976). Careers in Organizations, Pacific Palisades, CA,
Isra, F., Prayitno, P., & Karneli, Y. (2020). Hubungan motivasi siswa memilih sekolah terhadap perencanaan arah karier. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 7(2), 85- 93.
Meece, J. L., Glienke, B. B., & Burg, S. (2006). Gender and motivation. Journal of school psychology, 44(5), 351-373.
Nuraini, T. (2013). Human Resource Management (Manajemen Sumber Daya Manusia). Pekanbaru: Yayasan Aini Syam Prawirosentono.
Pratiwi, A., & Koesdyantho, A. R. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Perencanaan Karir Pada Siswa Kelas X Ips Di Man 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Medikons: Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling Unisri Surakarta, 5(2).
Renn, R. W., Steinbauer, R., Taylor, R., & Detwiler, D. (2014). School-to-work transition: Mentor career support and student career planning, job search intentions, and self-defeating job search behavior. Journal of Vocational Behavior, 85(3), 422432
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (D. Sutopo. S. Pd, MT, Ir. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.
Uno, H. B. (2011). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.