Abstract
Pada mata kuliah Struktur dan Perkembangan Tumbuhan (SPT) mahasiswa diharapkan dapat menganalisis struktur internal dan eksternal pada tubuh tumbuhan, terutama bagian daun. Stomata merupakan bagian tumbuhan yang terletak pada bagian eksternal daun yang memiliki peran penting pada pertumbuhan tanaman, sehingga mahasiswa diharuskan benar-benar memahaminya. Dalam proses pemahaman materi, mahasiswa memerlukan sumber belajar lainnya selain berasal dari dosen pengampu. Oleh karena itu, pengembangan E-Booklet tipe dan jumlah stomata marga Ipomoea diharapkan membantu mahasiswa dalam proses belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-Booklet Tipe dan Jumlah Stomata Marga Ipomoea di Kediri Raya sebagai sumber belajar mata kuliah SPT. Pengembangan E-Booklet dilakukan dengan metode design research yang dilakukan pada Januari-Juni 2024. E-Booklet Tipe dan Jumlah Stomata Marga Ipomoea di Kediri Raya layak digunakan sebagai sumber belajar mata kuliah SPT, karena penilaian validator pada tahap expert review diperoleh skor 96% dengan kategori sangat layak, penilaian mahasiswa pada tahap one-to-one diperoleh skor 96% dengan kategori sangat praktis, dan penilaian mahasiswa pada tahap small group diperoleh skor 85% dengan kategori sangat praktis.
References
Fadhilah, F., Sulistiono, S., & Sulistiyowati, T. I. (2023). Inventarisasi Tumbuhan Obat di Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri sebagai Bahan Ajar Mata Kuliah Etnokonservasi ( Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri).
Musawwa, A. W., Sulistiono, S., & Sulistiyowati, T. I. (2023). Karakterisasi Morfologi Genus Syzygium di Kabupaten Nganjuk sebagai Referensi Belajar E-Booklet Mata Kuliah Keanekaragaman Tumbuhan ( Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri).
Prananta, R., & Safitri, N. Q. L. (2023). Tahapan Pembuatan E-Booklet Sebagai Media Informasi Objek Wisata Kedung Kandang di Desa Wisata Nglanggeran. Electronical Journal of Social and Political Sciences (E-SOSPOL), 9(4), 393-405.
Violla, R., & Fernandes, R. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran E-Booklet Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 13-23.
Wati, R. S., Nurlaeli, N., & Husni, M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Cerita Bergambar Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Journal of Integrated Elementary Education, 1(1), 37-48.