Efikasi Diri Mahasiswa Perawat Tingkat Pertama dalam Menghadapi Praktik Klinik Keperawatan
PDF

Keywords

efikasi diri
mahasiswa perawat
praktik klinik

How to Cite

Wijayanti, E. T. ., & Salsabila, S. A. . (2024). Efikasi Diri Mahasiswa Perawat Tingkat Pertama dalam Menghadapi Praktik Klinik Keperawatan. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 6–10. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v3i1.4474

Abstract

Efikasi diri menggambarkan keyakinan individu dalam melakukan suatu tindakan. Efikasi yang tinggi akan membantu mahasiswa dalam menjalankan semua tugas tindakan selama berada di lahan praktik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran efikasi diri mahasiswa perawat tingkat awal dalam menghadapi praktik klinik. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survey elektronik. Sampel sejumlah 24 responden yang diambil secara total dari mahasiswa yang duduk di tingkat pertama. Instrument efikasi diri menggunakan General Self Efikasi Scale (GES) versi bahasa Indonesia.  Hasil dianalisis secara deskriptif dengan hasil 17 (70,83%) responden mempunyai efikasi diri tinggi dan 7 (29,17%) responden mempunyai efikasi rendah. Hasil penelitian ini sangat penting sebagai dasar pijakan penelitian selanjutnya untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi tingkat efikasi mahasiswa dalam menghadapi praktek klinik.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v3i1.4474
PDF

References

Amar, Z., Mita, & Ernawati. (2023). Pengalaman mahasiswa keperawatan universitas tanjungpura dalam pelaksanaan praktik klinik I. Jurnal ProNers, 8(2). tanjungpura dalam pelaksanaan praktik klinik I. Jurnal ProNers, 8(2).

Bandura, A. (1993). Perceived Self-Efficacy in Cognitive Development and Functioning. Educational Psychologist, 28(2), 117–148. https://doi.org/10.1207/s15326985ep2802_3

Bandura, A., & Wessels, S. (1994). Self-efficacy (Vol. 4, pp. 71-81). na.

Bulfone, G., Badolamenti, S., Biagioli, V., Maurici, M., Macale, L., Sili, A., … Alvaro, R. (2021). Nursing students’ academic self-efficacy: A longitudinal analysis of academic self-efficacy changes and predictive variables over time. Journal of Advanced Nursing, 77(5), 2353–2362. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/jan.14771

Cowen, K. J., Hubbard, L. J., & Hancock, D. C. (2016). Concerns of nursing students beginning clinical courses: A descriptive study. Nurse Education Today, 43, 64–68. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.nedt.2016.05.001

George, T. P., DeCristofaro, C., & Murphy, P. F. (2020). Self-efficacy and concerns of nursing students regarding clinical experiences. Nurse Education Today, 90(104401).

Gufron, M.Nur& Risnawita, R. 2012. Teori-Teori Psikologi. (III: R. Kusumaningratri, Ed). Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Hatzenbuhler, N. J., & Klein, J. E. (2019). Educational Preparation for Clinical Practice: Reflections of Newly Graduated RNs. Nurse Educator, 44(2), 93–97. https://doi.org/10.1097/NNE.0000000000000550

Lopez, V., Yobas, P., Chow, Y. L., & Shorey, S. (2018). Does building resilience in undergraduate nursing students happen through clinical placements? A qualitative study. Nurse Education Today, 67, 1–5. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2018.04.020

Marhamad, S. (2021). Hubungan Efikasi Diri dan pengetahuan dengan Kecemasan Mahasiswa dalam Praktik Klinik Keperawatan. Universitas Medan Area.

Mazalová, L., Gurková, E., & Štureková, L. (2022). Nursing students’ perceived stress and clinical learning experience. Nurse Education in Practice, 64, 103457. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.nepr.2022.103457

Novrianto, R., Marettih, A. K. E., & Wahyudi, H. (2019). Validitas Konstruk Instrumen General Self Efficacy Scale Versi Indonesia. Jurnal Psikologi, 15(1), 1–9.

Öğrencilerinin, H., Klinik, A., & Düzeyi, S. (2017). Nursing Students ’ Perceived Levels of Clinical Stress , Stress Responses and Coping Behaviors. Journal of Psychiatric Nursing, 8(1), 32–39. https://doi.org/10.14744/phd.2017.22590

Pajares, F., & Schunk, D. (2001). The development of academic self-efficacy. Development of achievement motivation. United States, 7, 1-27.

Rafati, F., Nouhi, E., Sabzevari, S., & Dehghan-Nayeri, N. (2017). Coping strategies of nursing students for dealing with stress in clinical setting: A qualitative study. Electronic Physician, 9(12), 6120–6128. https://doi.org/10.19082/6120

Saba, R. T., Lisiswanti, R., B, E. C., Kedokteran, F., Lampung, U., Kedokteran, B. P., … Lampung, U. (2018). Hubungan Self-efficacy Terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Jurnal Kedokteran Unila, 7, 12–16.

Suri, F. R., Dailima, N., Mustikasari, & Hargiana, G. (2022). Hubungan Efikasi Diri dengan Tingkat Ansietas Mahasiswa Keperawatan yang sedang Praktik Klinik dalam Menghadapi Pasien di Rumah Sakit Jiwa. Universitas Indonesia.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.