Abstract
Gaya belajar merupakan cara termudah yang dimiliki oleh setiap siswa untuk menyerap, mengatur, dan mengolah informasi pembelajaran. Saat ini banyak sekali guru yang tidak mengetahui gaya belajar siswanya, sehingga dapat mengakibatkan proses pembelajaran menjadi sulit dipahami dan hasil belajar siswa menurun bisa mengakibatkan kualitas pembelajaran menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan gaya belajar siswa kelas XI-MIPA 2 SMA Negeri 3 Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik survei partisipatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 3 Kediri dengan total sebanyak 36 siswa yang dilakukan pada bulan Oktober 2022. Instrumen yang digunakan adalah angket yang diadaptasi dari Learning Styles Of Yemeni Undergraduate Science Students yang disebar dengan google form. Hasil analisis didapatkan gaya belajar yang lebih dominan pada kelas XI-MIPA 2 adalah gaya belajar kinestetik dengan skor rata-rata 562, dilanjutkan dengan gaya belajar taktil dengan skor rata-rata 556, kemudian gaya belajar auditori dengan skor rata-rata 428 dan gaya belajar visual dengan skor rata-rata 416.
References
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). 581-Article Text-1142-1-10-20190815. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72. Retrieved 11 December 2022 from http://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/JurnalBuanaPengabdian/article/download/581/537
Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2), 168–174. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/download/5307/4603
Cholifah, T. N. (2018). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 65–74. Retrieved from https://scholar.archive.org/work/hyhmb3s4knfcjeuthryryoy3ee/access/wayback/http://jom.untidar.ac.id/index.php/ijnse/article/download/273/pdf_1
Isnaeni Saputri, F. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditori, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 3(01), 25–36. Retrieved from http://fajarisnaeni.blogs.uny.ac.id/wp-content/uploads/sites/15307/2017/10/ARTIKEL-JURNAL-ILMIAH-FAJAR-1.pdf
Reid, J. M. (1987). The Learning Style Preferences Of ESL Students Concept Ualizing Learning Style Modalities Andrea DeCapua The Language Learning Styles of Palest inian EFL Learnersat Tenth Grade Majida. Tesol Quarterly, 21(1), 87–110.
Sundayana, R. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan MatematikaSTKIP Garut, 5(2), 75–84. Retrieved from http://e-mosharafa.org/Jurnal"
Tyas, E. H. (2016). Mengenali Gaya Belajar Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 249-258., 5(2), 249–258. Retrieved from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/652/514
Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. JPPM, 10(2), 128–132. Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/download/2037/1579
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Titik Ernawati, Denis Agustin, Budhi Utami, Agus Muji Santoso, Poppy Rahmatika Primandiri