SURVEI KONDISI FISIK ATLET SEPAK BOLA USIA 16 TAHUN SSB SISWA TAMA KOTA KEDIRI
PDF

Keywords

Kondisi fisik
Kecepatan
Daya tahan
Daya ledak
Kelincahan

How to Cite

Baktiar, Y. (2022). SURVEI KONDISI FISIK ATLET SEPAK BOLA USIA 16 TAHUN SSB SISWA TAMA KOTA KEDIRI . Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 1(1), 752 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v1i1.1307

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya kondisi fisik atlet karena fisik merupakan dasar kelancaran pembinaan dalam usaha peningkatan prestasi atlet. Komponen kondisi fisik yang dimaksud adalah kekuatan, daya tahan, daya ledak (power), kecepatan, dan kelincahan. Permasalahan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kondisi fisik atlet sepak bola usia 16 tahun SSB Siswa Tama Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemain SSB Siswa Tama Kota Kediri Usia 16 tahun  sebanyak 30 pemain dengan menggunakan teknik total sampling maka sampel dalam penelitian ini sama dengan populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisas deskriptif dengan  mencari rata-rata, standar deviasi, nilai minimum dan nilai maksimum serta mencari persentase.

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar kekuatan otot tungkai atlet sepak bola usia 16 tahun SSB Siswa Tama Kediri sebesar 57% masuk kategori sedang, sebagian besar daya tahan tubuh atlet yaitu sebesar 67% masuk kategori kurang, sebagian besar daya ledak atlet yaitu sebesar 34% masuk kategori kurang sekali, sebagian besar kecepatan atlet yaitu sebesar 47% masuk kategori sedang, dan  sebagian besar kelincahan atlet yaitu sebesar 43% masuk kategori kurang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kondisi fisik SSB Siswa Tama Kediri masih kurang. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, dapat digunakan sebagai acuan SBB dan pelatih untuk meningkatkan kondisi fisik atlet sepakbola sebagai dasar untuk meraih prestasi.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v1i1.1307
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Yusuf Baktiar

Downloads

Download data is not yet available.