Analisa Teknik Dan Biaya Pembuatan Elektric Furnace Berkapasitas 7000 Watt
pdf

Keywords

biaya pembuatan
ekonomi teknik
furnace

How to Cite

Harianto, A. T. ., Pramesti, Y. S. ., & Akbar, A. . (2020). Analisa Teknik Dan Biaya Pembuatan Elektric Furnace Berkapasitas 7000 Watt. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(3), 241–246. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.93

Abstract

Dalam  merancang  alat  elekrtic  furnace  memerlukan  perhitungan  biaya,  dengan  mengetahui analisa perhitungan biaya pembuatan maka dengan mudah dapat memilih bahan baku, oleh karena itu berusaha mencari material yang memiliki sifat dan karakteristik yang baik berdasarkan analisa perhitungan biaya yang tepat sehingga memudahkan mahasiswa selanjutnya dalam pembuatan Elektric  Furnace.  Dari latar belakang permasalahan tersebut penulis menganalisa teknik dan biaya pembuatan alat Elektrik Furnace yang efisien, dari prancangan  ini  memilih  baja  ST  37  pada  bagian  kerangka  karena  memiliki  kekutan  yang  baik  dan  mampu menahan beban komponen. Bahan refraktori ini berfungsi sebagai tatakan tempat nikelin, dan pelapisan dinding untuk  penahan  panas  agar  panas  pada  dalam  ruangan  Furnace  benar-benar  tidak  mengalami  kerugian,  dan dikarenakan  bahan  ini  dapat  mempertahankan  kekuatan  pada  suhu  yang  tinggi.  Alat  Furnace  ini  mampu mencapai suhu sebesar 1200 oC dengan waktu 51 menit, pada dinding Furnace mampu menahan panas sehingga tidak  keluar  atau  terdapat  radiasi  oleh  panas  yang  dihasilkan  pada  ruan g  dalam  Furnace.  Total  pembuatan Furnace ini memakan harga yang lebih ekonomis dibanding dengan harga luar. Alat Elektric Furnace ini jika di pasarkan harganya lebih murah dibandingkan dengan harga di pasaran lainnya dengan spesifikasi yang hampir sama.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.93
pdf

References

Nugraha. H, Agus S.W. 2013. Perancangan Dan Sistem Monitoring Temperatur Furnace Skala Laboratorium Berbasis Komputer. Jurnal Pusat Penelitian Metalurgi-LIPI, Kawasan Puspiptek Gd. 470 Serpong, Tangerang, 23 Maret 2013.

Rais M.R. 2015. Perancangan Dan Pembuatan Tungku Heat Treatment. Jurnal Imiah Teknik Mesin, Vol. 3, No.2 Agustus 2015 Universitas Islam 45 Bekasi.

Suprastiyo, H. (2017). Pembuatan Mesin Furnace Berbasis Mikrokontroler. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Rizal, A. (2016). Jurnal J-Ensitec. Pembuatan Tungku Pemanas (Muflle Furnace) Kapasitas 1200oc, 1.

Dunn, William N. 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik (terjemahan). Yogyakarta : UGM Press.

Sugiyono. 2012. Metodologi penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sanusi, A. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Downloads

Download data is not yet available.