Abstract
Desain dynotest berbasis momen inersia ini dilatar belakangi oleh permasalahan pada para mahasiswa Teknik Mesin Universitas Nusantara PGRI Kediri saat melakukan praktikum fenomena dasar mesin, dimana alat dynotest yang sebelumnya belum menggunakan sistem dynotest yang berbasis momen inersia dan terintregasi dengan komputer, sehingga mahasiswa kesulitan memahami fenomena momen inersia pada lingkup teknologi teknik mesin. Tujuan perancangan dynotest berbasis momen inersia tersebut tentunya untuk mengatasi permasalahan mahasiswa tersebut sehingga tercipta sebuah racangan dynotest berbasis momen inersia . Hasil dari perancangan alat tersebut adalah terciptanya sebuah dynotest berbasis momen inersia yang mempunyai dimensi P x L x T = 150 x 100 x 100 yang menggunakan bahan baku besi siku sebagai rangaka utamanya. Alat tersebut menggunakan sistem momen inersia yang terletak pada roller. Roller digerakkan oleh motor bensin yamaha mio j 110 cc dengan Rpm maksimal 10.000 yang dapat diatur menggunakan grip gas pada stang kemudi untuk menentukann rpm mesin tersebut. Alat tersebut juga dilengkapi dengan microcontroller ARM cortex yang terdiri dari beberapa rangkaian sensor, yaitu sensor magnetic encoder pada kipas magnet mesin yamaha mio j yang berfungsi mengukur rpm motor penggerak dan sensor pada poros roller inersia. adalah 160 N/m.
References
Syah, Fahma Ilmian, Karnowo Karnowo, and Senthot WR Dhimas. 2018. “Perancangan Dan Pembuatan Dinamometer Eddy Current Untuk Pengujian Motor Bakar 0,81 Kw.” Sainteknol 16(ISSN: 0216-4566): 33–43.
Heri setiawan. (2020). Dinamika rotasi dan keseimbangan benda tegar fisika kelas XI
Li, Ye, Dazhi Wang, and Shuai Zhou. 2023. “Moment of Inertia Identification for PMSM Based on Extended SMO and Improved RBFNN.” Energy Reports 9: 521–28.
Yuniarto Agus Winoko, Achmat Fajarot Mauladhana. 2020. Komparasi Penggunaan Jumlah Busi dan Putaran Mesin Terhadap Kinerja Mesin Bensin Satu Silinder dengan Metode Dynotest. Jurnal Flywheel, volume 11, nomor 1.
Zainuri, Fuad et al. 2022. “Performa Kendaraan Konversi Listrik Melalui Pengujian Dynotest.” Jurnal Mekanik Terapan 3(2): 44–49.
Maridjo, Ika Yuliyani, Angga R. 2019. “Pengaruh Pemakaian Bahan Bakar Premium, Pertalite Dan Pertamax Terhadap Kinerja Motor 4 Tak.” Jurnal Teknik Energi 9(1): 73–78
Zulnas, Luthfi, Purwandy Hasibuan, and Rudiansyah Putra. 2019. “Kapasitas Batang Tekan Baja Profil Siku ∟40×40×3,5 Dengan Variasi Panjang Menggunakan Sambungan Baut.” Journal of The Civil Engineering Student 1(2): 58–64
Soeleman, M. Isahudin Hutama Putra. Analisis Karakterisitik Gear Sprocket Standard dan Racing Pada Sepeda Motor.
Muhammad Minan Chusni, Muhammad Ferdinan Rizaldi, Santi Nurlaela, Siti Nursetia, Wawat Susilawat. 2018. Measurement Of Inertial Cylinder Inertia Moment With Integral And Tracker.
I Dewa Gede Ari Suwira Putra, I.G.B Wijaya Kusuma dan Anak Agung Adhi Suryawan. 2016. Unjuk Kerja Mobil Bertransmisi Manual Menggunakan Bahan Bakar Liquified Gas For Vehicle (LGV) dengan Metode Dynotest. Jurnal Mekanik Terapan, volume 2, no 2 pp 75 – 82.
Derryl Veante Parinussa dan Harus Laksana Guntur.2022. Pengujian dan Analisa Performa Daya dan Torsi Electric Scooter 2 kW dengan Menggunakan Chassis Dynamometer.
Aprizal. Uji Prestasi Motor Bakar Bensin Merek Honda Astrea 100 CC.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Hanif Widi Gunawan, Ali Akbar, Kuni Nadliroh