Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Karyawan Terbaik Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting)
pdf

Keywords

SPK
Penilaian Kinerja Karyawan
SAW

How to Cite

Fahmi, M. ., Daniati, E. ., & Firliana, R. . (2020). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Karyawan Terbaik Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting). Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(3), 073–078. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.66

Abstract

Best  Employee  Assessment  Decision  Support  Systems  Using  Methods  SAW  (Simple  Additive Weighting). Sistem Pendukung Keputusan (SPK) secara umum didefinisikan sebagai sebuah sistem yang mampu memberikan kemampuan baik kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan pengkomunikasian untuk masalah semi terstruktur. Karyawan sebagai sumber daya manusia mempunyai kontribusi yang besar pada suatu perusahaan atau instansi. Dengan bertambahnya karyawan baru maka bertambah pula jumlah karyawan yang bekerja. Semakin banyaknya jumlah karyawan maka keanekaragaman karyawan juga semakin kompleks sehingga sulit  memilih  karyawan  yang  berprestasi  menurut  lembaga.  Maka  dari  itu  penilaian  kinerja  karyawan  harus dilakukan untuk mengetahui prestasi yang dicapai setiap karyawan dengan baik, cukup baik atau kurang bisa diketahui. Permasalahan yang terjadi pada Toko Riski Muda adalah belum adanya format yang baku mengenai evaluasi penilaian karyawan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan sistem pendukung keputusan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini dipilih karena dapat menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilanjutkan dengan proses perangkingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksud adalah yang berhak diterima sebagai pegawai baru berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Berdasarkan hasil pengujian, sistem yang dibangun dapat mempermudah dan mempercepat proses penilaian karyawan berprestasi dan membantu bagian Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengambilan keputusan untuk menentukan karyawan yang berprestasi.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.66
pdf

References

Asfan Muqtadir, Irwan Purdianto. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Menggunakan Metode Profile Matching (Studi Kasus di PT Industri Kemasan Semen Gresik.Yogyakarta : Jurusan Teknik Informatika : Universitas PGRI Ronggolawe.

Hariandja, Marihot Tua Efendi, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Grasindo, Jakarta

Kusrini. 2007. Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Andi.

Kusumadewi, Sri.,Hartati, S., Harjoko, A., dan Wardoyo, R. 2006. Fuzzy MultiAttribute Decision Making (Fuzzy MADM).Yogyakarta :GrahaIlmu.

Sutabri, Tata.2012. Analisis Sistem Informasi.Yogyakarta:Andi

Turban, Aronson, & Liang. 2007. Decision Support Systems and Intelligent Systems, 7 th Edition, Prentice Hall,

Downloads

Download data is not yet available.