Penerapan Customer Relationship Management Use Cross Selling Di Kelud Outdoor
PDF

Keywords

loyalitas
pelanggan
pemesanan

How to Cite

rozikin, M. ., Daniati, E. ., & Indriati, R. . (2020). Penerapan Customer Relationship Management Use Cross Selling Di Kelud Outdoor. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 2(1), 065–068. https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.458

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pengamatan dan pengalaman peneliti, dimana Kelud outdoor mengalami kendala menurunnya jumlah pendapatan karena kurangnya pemesanan, karena untuk melakukan pemesanan harus datang ke toko . Kelud outdoor adalah toko pendakian terlengkap di kota Kediri, Kelud outdoor berpacu pada bidang penjualan, penyewaan dan penyedia layanan outbond. Permasalahan Penelitian ini adalah bagaimana merancang sistem serta pembuatan aplikasi yang berguna untuk kemudahan transaksi pemesanan perlengkapan kemah. Penerapan Customer Relationship Management (CRM) sebuah pendekatan yang mengintegrasikan setiap bisnis proses yang berhubungan langsung dengan pelanggan, yaitu kegiatan transaksi, loyalitas pelanggan dan secara komputerisasi mencakup pendataan barang, jumlah pelanggan, loyalitas hubungan dengan pelanggan dan transaksi pemesanan. Hal ini dimaksudkan agar perusahaan mengetahui perlengkapan  yang laris dipasaran serta apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan pelanggan sehingga dapat terjalin hubungan dan loyalitas yang baik dengan pelanggan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah dengan adanya sistem Customer Relationship Management dapat membantu toko menjadi lebih efektif. Dimana pelanggan tidak harus datang ke toko tapi dapat melakukan pemesan melalui online, dapat mengetahui model barang apa yang laris dipasaran, terbentuknya loyalitas pelanggan

https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.458
PDF

References

. Adhi T, Bayu. 2012. Cross-Selling: Perangkat Utama CRM Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Universitas Sriwijaya.

. Brown, S. A. (2001). Customer Relationship Management : A Strategic Imperative in the World of e-Business. Kanada: Jhon Wiley and Sons Ltd.

. Eko R. 2000. Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

. Greenberg, Paul. 2002. CRM at the speed of Light: Capturing and Keeping Customers in Internet Real Time. 2nd Edition. California : McGraw-Hill Book Co

. Jill Dyche,, 2002 - The CRM Handbook. Addison-Wesley, USA. .

. Jogiyanto H. M. 2003. Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

. Kalakota, R. (2000). E-Business 2.0: Roadmap forSuccess. Addison-Wesley Pub Co.

. Kurniawan A11, Ardhi. 2009, Perancangan CRM Pada PO Dedy Jaya Berbasis Website Menggunakan Metode User Centered Design (UCD). Semarang Universitas Dian Nuswantoro.

. Kuniawan, Daniel. 2009. Penerapan Aplikasi Crm (Customer Relationship Management) Berbasis Web. Jakarta. Universitas Binus.

. Liman, Bena, Hapnes Toba. Pengembangan Sistem dengan Kombinasi Konsep CRM dan Penggalian Data. Bandung. Universitas Kristen Maranatha.

. Madcoms. 2008. PHP & MySQL Untuk Pemula. Yogyakarta : Andi Offset. Hal 1.

. O’Brien, James A. 2002. Customer Relationship Management. McGraw – Hill.

. Rivai Y, Bahtera. 2009. Pengembangan Aplikasi CRM Berbasis Web. Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

. Sutanta E. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Edisi pertama, Yogyakarta: Graha Ilmu.

. Sutedjo B. 2002. Perencanaan dan Pembangunan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

. Swift, R. S. (2001). Accelerating Customer Relationships – Using CRM and Relationship Technologies. Prentice Hall Inc.

. Todman, C. (2001). Designing a Data Warehouse – Supporting Customer Relationship Management. Hewlett Packard.

. Tunggal. Amin W, 2000. Konsep Dasar Customer Relationshio Managemen,. Harvarindo, Jakarta.

. Wijayanti, Teti, dan Imam Azhari. 2011. Pengembangan CRM Berbasis Web pada Griya Muslim Flora. Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan.

. Wikipedia, 2015. CRM (Customer Relationship Management). https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_hubungan_pelanggan. Halaman ini terakhir diubah pada 14 Januari 2015.

. Wikipedia. 2015. Database. http://id.wikipedia.org/wiki/Basis_data/. Diakses 16 November 2015.

. Wikipedia, 2016. Up-Selling. https://en.wikipedia.org/wiki/Upselling. Halaman ini terakhir diubah pada 07 Januari 2016.

. Willyanto Santoso, Leo, Gregorius Satia Budhi, Herlina. Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Customer Berbasis Web. Surabaya.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Moh.khoirur rozikin, Erna Daniati, Rini Indriati

Downloads

Download data is not yet available.