Penentuan Kualitas Ayam Petelur Menggunakan Metode Simple Additive Weighting
PDF

Keywords

SAW
kualitas ayam petelur

How to Cite

Rahayu, P. ., Indriati, R. ., & Andriyanto, T. . (2021). Penentuan Kualitas Ayam Petelur Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 3(1), 169–174. https://doi.org/10.29407/inotek.v3i1.532

Abstract

Pengembangan usaha ternak ayam petelur khususnya pada peternakan CV. Santoso sering didapati mengalami kendala yang sering muncul diantaranya kualitas telur yang dihasilkan kurang bagus yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu Umur Ayam, Nutrisi  Pakan, Bobot Ayam, Suhu lingkungan.  Hal ini disebabkan oleh pengaruh fisik dan sistem pemeliharaan pada peternakan. Oleh sebab itu dilakukan analisa menggunakan metode Simple Additive Weighting SAW yang dimaksudkan untuk membantu peternak mendapatkan kualitas telur yang bagus berdasarkan dengan kriteria yang sudah ditentukan. Dalam Sistem Pendukung Keputusan menggunakan metode SAW mempunyai keunggulan dalam kemudahan akses dan kemudahan pemakaian. Pada penelitian yang dilakukan di Desa Buntaran  Kec. Rejotangan Kab. Tulungagung ini menghasilkan alternatif tiap kriteria dan mencari nilai bobot tiap atribut kemudian dilakukan proses perangkingan yang akan menghasilkan alternatif yang optimal untuk membantu CV Santoso sehingga lebih mudah untuk menghasilkan kualitas ayam petelur unggul.

https://doi.org/10.29407/inotek.v3i1.532
PDF

References

Angkat, Lilis Suganda. 2015. “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN INDUK AYAM PRODUKTIF DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHT ( SAW) ( Studi Kasus : PT . Expravet Nasuba Farm Desa Namopuli ).” Pelita Informatika Budi Darma IX:135–41.

Bahrin. 2016. “TENAGA KONTRAK DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING ( SAW ) PADA KANTOR SATPOL PP KABUPATEN.” Jurnal Ilmiah ILKOM 8 (Agustus):82–88.

Daniarti, Erna. 2018. Sistem Pendukung Keputusan Dalam Lingkungan Akademik Penguruan Tinggi. edited by A. Media nusantara. Nganjuk: CV. Adjie media Nusantara.

Frieyadie. 2016. “DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PROMOSI.” Jurnal Pilar Nusa Mandiri XII(1):37–45.

Okaputra, and noersasongko. 2014. “MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA PERUSAHAAN Tugas Akhir Fakultas Ilmu Komputer , Universitas Dian Nuswantoro Semarang Tugas Akhir Fakultas Ilmu Komputer , Universitas Dian Nuswantoro Semarang.” 1–9.

Rohman, Fatkur. 2015. “SISTEM PENILAIAN DOSEN TELADAN MENGGUNAKAN METODE SAW ( SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING ).” Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2015 2:6–8.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Putri Rahayu, Rini Indriati, Teguh Andriyanto

Downloads

Download data is not yet available.