IMPLEMENTASI AHP DALAM MEMBANTU PENENTUAN KOST
PDF

Keywords

Analytical Hierarchy Process
kost
Sistem Pendukung keputusan

How to Cite

Setiawan, H. ., Daniati, E. ., & Andriyanto, T. . (2020). IMPLEMENTASI AHP DALAM MEMBANTU PENENTUAN KOST. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 2(1), 051–054. https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.455

Abstract

keberadaan kost disekitar tempat fasilitas publik sangat diharapkan dan menguntungkan bagi pendatang disuatu daerah. Selain berdekatan dengan fasilitas publik penentuan tempat kost juga di pengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya : lokasi, fasilitas, sistem kontrak dan harga sewa. Faktor lokasi dimaksudkan untuk menentukan dekat ataupun jauhnya lokasi tempat kost dengan kampus mahasiswa. Faktor fasilitas yang dimaksud untuk menentukan fasilitas yang disediakan ditempat kost. Faktor sistem kontrak untuk menetukan sistem pembayaran yang harus dibayar oleh mahasiswa. Faktor harga sewa merupakan tarif yang dikenakan oleh pemilik kost pada mahasiswa yang kost ditempatnya. AHP adalah sebuah hirarki fungsional dengan input utamanya persepsi manusia. Dengan hirarki, suatu masalah kompleks dan tidak terstruktur dipecahkan ke dalam kelompok-kelompok tersebut diatur menjadi suatu bentuk hirarki. Simpulan dari penelitian adalah mendapatkan tempat kost beserta fasilitasnya yang dekat dengan kampus UN PGRI KEDIRI dengan hasil dari sistem pendukung keputusan menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process).

https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.455
PDF

References

nofriyansyah, konsep data mining vs sistem pendukung keputusan. yogyakarta: deepublish, 2014.

R. Sanjaya, “DI PRINGSEWUMENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDTIVE WEIGHTING ( SAW ),” pp. 458–464.

P. Manurung, “Beasiswa Dengan Metode Ahp Dan Topsis ( Studi Kasus : Fmipa Usu ) Skripsi Departemen Ilmu Komputer,” Skripsi, no. PANGERAN MANURUNG, pp. 1–74, 2010.

B. Sidik, pemrograman web dengan php. 2014.

L. Suja, SQL dan database server mysql. 2005.

L. kuswayanto, mahir dan terampil berkomputer. 2006.

maniah & hamidin, Analisis dan perancangan sistem informasi pembahasan secara praktis besrta contoh kasus. 2017.

E. Daniati, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kost Di Sekitar Kampus UNP Kediri Menggunak Metode Simple Additive Weighting (SAW),” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed. 2015, no. Pemilihan Kost, p. 2.2-145-2.2-150, 2015.

M. S. Rais, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Lokasi Perumahan Menggunakan Analytical Hierarchy Process ( AHP ),” vol. 2, no. 2, pp. 59–72, 2016.

J. I. Mulawarman, N. Nurjannah, Z. Arifin, and D. M. Khairina, “SEPEDA MOTOR DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT,” vol. 10, no. 2, pp. 2–6, 2015.

S. Dian and H. Permana, “KEJURUAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN YANG TERFAVORIT DENGAN MENGGUNAKAN MULTI-CRITERIA DECISION MAKING,” vol. 2, no. 1, pp. 11–19, 2015.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Heris Setiawan, Erna Daniati, Teguh Andriyanto

Downloads

Download data is not yet available.