Disease Idenification of Rice Plants Using The Forward Chaining Method
PDF

Keywords

Expert System
Forward Chaining
Tanaman Padi

How to Cite

Sunjani, H. ., Sucipto, S., & Andriyanto, T. . (2021). Disease Idenification of Rice Plants Using The Forward Chaining Method. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 3(1), 161–168. https://doi.org/10.29407/inotek.v3i1.531

Abstract

Petani  di  Indonesia  pada  umumnya  dan  Kabupaten  Tulungagung  khususnya  sering  didapati mengalami gagal panen yang salah satunya disebabkan ada nya penyakit tanaman padi. Kesalahan ini diderita karena kurangnya informasi mengenai gejala-gejala yang di timbulkan   dan kurang cepat nya para petani mengetahui penyebab penyakit tanaman padi tersebut. Oleh sebab itu dirancang sistem pakar berbasis web menggunakan basis aturan (rule based reasoning) dengan metode inferensi forward chaining yang dimaksudkan untuk membantu petani dalam mendiagnosa penyakit tanaman padi. Sistem pakar diagnosa penyakit tanaman padi berbasis web yang telah dikembangkan mempunyai keunggulan dalam kemudahan akses dan kemudahan pemakaian. Pada penelitian ini si peneliti di Desa Jeli  Kec. karangrejo Kab. Tulungagung ini menghasilkan satu sistem pakar yang berfungsi untuk membantu CV Medika Alam Sakina sehingga lebih dimudakan untuk mengubah kodingan.

https://doi.org/10.29407/inotek.v3i1.531
PDF

References

Kusrini, Sistem Pakar “Teori dan Aplikasi.” Yogyakarta: ANDI, 2006.

Kartasapoetra, Teknologi penyuluhan pertanian. Jakarta: Bina Aksara, 1988.

A. S. Honggowibowo, “Berbasis Web Dengan Metode Forward Dan Backward Chaining,” Malang;Universitas Kanjuruhan Malang, pp. 187–194, 2010.

N. Bahtiar and H. A. Wibawa “Aplikasi pendiagnosis hama dan penyakit tanaman palawija menggunakan metode inferensi,” Jounal informatics Technol., vol. 2, no. 1, pp. 1–11, 2013.

anton Sujarwo, “Sistem pakar untuk diagnosa hama tanaman padi berbasis android,” Jounal informatics Technol., vol. 7, no. 1, pp. 1–15, 2016.

A. H. Dadi Rosadi, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Padi Menggunakan Metode Forward Chaining,” J. Comput. Bisnis, vol. 8, no. 1, pp. 43–

, 2014.

M. Salafuddin, “Sistem pakar diagnosa penyakit buah naga menggunakan metode backward chaining dan forward chaining,” Jounal informatics Technol., vol. 10, no. 1, pp. 16–32, 2013.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Hestia Sunjani, Sucipto Sucipto, Teguh Andriyanto

Downloads

Download data is not yet available.