Abstract
Pembuatan game pendidikan berbasis Android, yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam operasi matematika bilangan, dilakukan dengan cara yang interaktif dan menyenangkan.. penelitian ini mencangkup tahap perancangan, implementasi, dan pengujian game. proses design menggunakan metoda R&D (Research and Development yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Implementasi dilakukan menggunakan Unity3D dengan bahasa pemrograman C#, serta sistem penyimpanan menggunakan PlayerPrefs dan diterapkan dinamika kesulitan adaptif (Dynamic Difficulty Adjustment, DDA) untuk menyesuaikan tingkat permainan, semakin lama bermain maka akan semakin sulit. hasil dari game menunjukkan bahwa pendidikan dan permainan dapat digabungkan dengan baik dalam game edukasi.
References
Ramadyanta, A. N., Sanjaya, A., & Widodo, D. W. (n.d.). Aplikasi Game Visual Novel Sebagai Alternatif Belajar Bahasa Inggris Menggunakan Media Aplikasi Ren’py. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/inotek.v5i1.914
Rifai, M., Farida, I. N., & Widodo, D. W. (n.d.). Mathematics Education Games For Children Class 4 Using the Finite State Machine Method. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/inotek.v3i1.543
Bangun, R., Sejarah, G. E. P., Yulianto, A., Widodo, D. W., & Sinta Wahyuniar, L. (2023). Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) 636. In Agustus (Vol. 7). Online. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/inotek.v7i2.3479
Nur Hamzah, A., & Wahyu Widodo, D. (n.d.). Game Edukasi Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung dengan Metode Naïve Bayes. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/inotek.v5i3.1070
Azaria, D. B., & Kasih, P. (2022). Game Edukasi Pengenalan Tokoh Pahlawan Indonesia Berbasis Android. In Universitas Nusantara PGRI Kediri. Kediri (Vol. 1). https://doi.org/https://doi.org/10.29407/stains.v1i1.1447
Rijal Wahid Muharram, M. (2021). GAMIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PRODUCTIVE STRUGGLE SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI. Journal of Elementary Education, 04. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/collase.v4i2.6999
Marjuni, M., Sahertian, J., Dusea, A., & Dara, W. (n.d.). Game Edukasi Pewayangan Pandawa Lima Menggunakan Media Aplikasi RPG (Role Playing Game) Maker Mv. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1033
Bito, N., & Masaong, Abd. K. (2023). Peran Media Pembelajaran Matematika sebagai Teknologi dan Solusi dalam Pendidikan Di Era Digitalisasi dan Disruption. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(1), 88–97. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v4i1.17376
Khaerudin, M., Srisulistiowati, D. B., & Warta, J. (n.d.). GAME EDUKASI DENGAN MENGGUNAKAN UNITY 3D UNTUK MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN. https://doi.org/https://doi.org/10.35968/jsi.v8i2.741
Juhaeni, J., Cahyani, E. I., Utami, F. A. M., & Safaruddin, S. (2023). Pengembangan Media Game Edukasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Instructional and Development Researches, 3(2), 58–66. https://doi.org/10.53621/jider.v3i2.225
Kristan, D., Bessa, P., Costa, R., & de Carvalho, C. V. (2020). Creating competitive opponents for serious games through dynamic Difficulty adjustment. Information (Switzerland), 11(3). https://doi.org/10.3390/info11030156
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2024 Apreado Gilang Krisnawan, Ratih Kumalasari Niswatin, Resty Wulanningrum