Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan aplikasi pemilihan pemasok di supermarket Laylia menggunakan algoritma Naive Bayes dan algoritma Confusion Matrix.Aplikasi ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan pemilihan supplier baru dengan menggunakan data historis review supplier sebelumnya. Proses klasifikasi dilakukan dengan mengimplementasikan algoritma Naive Bayes.Algoritma diuji menggunakan matriks konfusi untuk mengevaluasi keakuratan, perolehan, dan ketepatan hasil klasifikasi.Hasil evaluasi menunjukkan bahwa aplikasi mencapai tingkat akurasi 78,57%, recall 80%, dan presisi 67%.Implementasi algoritma Naive Bayes pada aplikasi ini telah dibandingkan dengan software RapidMiner dan menunjukkan hasil yang konsisten. Aplikasi ini bertujuan untuk membantu supermarket mengambil keputusan pemilihan pemasok yang lebih efektif.
References
Handayani, P. W. (2020). Pemilihan Supplier Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Pada Pt. Abc. Jurnal Akuntansi & Keuangan, 10,27–37.
Ervil, R., & Rahman, F. (2019). Analisis Pemilihan Supplier Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process ( Studi Kasus Pt.Gunung Naga Mas ). Jurnal Sains Dan Teknologi, 19.
A. Y. Pradipta and A. Diana, “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Supplier pada Apotek dengan Metode AHP dan SAW (Studi Kasus Apotek XYZ),” Sisfotek, vol. 3584, pp. 107–114, 2017.
Fauzan, R., Indrasary, Y., & Muthia, N. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Bidik Misi Di Poliban Dengan Metode Saw Berbasis Web. Jurnal Online Informatika, 2, 79.
S. I. Pebakirang, A. Sutrisno, and J. S. Neyland, “Penerapan Metode AHP ( Analytical Hierarchy Process ) untuk Pemilihan Supplier Suku Cadang di PLTD BITUNG,” J. Online Poros Tek. Mesin, vol. 6, no. 1, pp. 32–44, 2017.
F. A. D. Aji Prasetya Wibawa, Muhammad Guntur Aji Purnama, Muhammad Fathony Akbar, “Metode-metode Klasifikasi,” Pros. Semin. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 1, p. 134, 2018.
K. Anwar, “Analisa sentimen Pengguna Instagram Di Indonesia Pada Review Smartphone Menggunakan Naive Bayes,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 2, no. 4, pp. 148–155, 2022, doi: 10.30865/klik.v2i4.315.
W. Wahyuni, “Analisis Sentimen terhadap Opini Feminisme Menggunakan Metode Naive Bayes,” J. Inform. Ekon. Bisnis, vol. 4, pp. 148–153, 2022, doi: 10.37034/infeb.v4i4.162.
M. Paramita and R. Ely, “Prediksi Nilai Proyek Akhir Mahasiswa Menggunakan Algoritma Klasifikasi Data Mining,” Semin. Nas. Sist. Inf. Indones. 2015, 2015.
Rohimat, R. I. (2018). Analisis Pemilihan Supplier Menggunakan Pendekatan Metode Analytical Hierarchy Process. Strategy: Jurnal Teknologi, 10(10), 7–13.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2024 Muhammad Fariz Hardiansyah Siregar, Ratih Kumalasari Niswatin, Resty Wulanningrum