Simulasi dan Perancangan Sistem Informasi Ban Motor
PDF

Keywords

Ban Motor
MySql
Query optimization
Sistem Informasi.

How to Cite

Taufiqurrahman, T., Niswatin, R. K. ., & Setiawan, A. B. . (2022). Simulasi dan Perancangan Sistem Informasi Ban Motor. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(2), 415–420. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2623

Abstract

Perkembangan teknologi pada masa saat ini sudah berkembang sedemikian pesat. Dalam satu contohnya adalah penjualan online. Pedagang konvensional banyak yang beralih ke penjualan online untuk mendongkrak nilai penjualan dan menambah keuntungan tak terkecuali dari segala bidang penjualan. Satu bidang yang diangkat dalam penelitian ini adalah penjualan ban motor. Toko Nugraha Motor adalah salah satu penjual yang menjual ban motor menggunakan sistem online. Maka dibuatlah sistem informasi penjualan ban motor berbasis web. Pada sistem yang dibuat metode Query optimization digunakan sebagai metode pencarian agar pengguna atau konsumen menjadi lebih mudah mencari barang yang sesuai keinginan. Pengguna bisa memasukkan kata kunci yang sesuai dengan barang yang akan dicari. Dengan begitu sistem akan menampilkan hasil pencarian barang yang mengandung kata kunci dari yang diberikan oleh pengguna. Dari hasil penelitian dan uji coba, sistem mampu melakukan pencarian barang yang sesuai dari kata kunci yang dimasukkan. Selain itu pada sistem informasi ini, sistem mampu melakukan perintah input, edit, delete, serta menampilkan data barang. Setelah itu pengguna juga bisa melakukan pembelian barang dengan memasukkan pesanan ke keranjang untuk selanjutnya diproses ke pembayaran.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2623
PDF

References

S. Sukri and Z. Zulfikar, “Mendapatkan Peringkat Terbaik Website Pada Search Engine Dengan Metode Search Engine Optimization (SEO),” J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 4, no. 3, 2021, doi: 10.32672/jnkti.v4i3.2973.

M. Hayaty and D. Meylasari, “Implementasi Website Berbasis Search Engine Optimization (SEO) Sebagai Media Promosi,” J. Inform., vol. 5, no. 2, 2018, doi: 10.31311/ji.v5i2.4027.

Yuda Irawan, “Penerapan Data Mining Untuk Evaluasi Data Penjualan Menggunakan Metode Clustering Dan Algoritma Hirarki Divisive Di Perusahaan Media World Pekanbaru,” J. Teknol. Inf. Univ. Lambung Mangkurat, vol. 4, no. 1, 2019, doi: 10.20527/jtiulm.v4i1.34.

P. I. M. Siallagan, S. Si, P. Ii, M. Kania, F. Teknik, and J. T. Informatika, “Pengoptimasian Query Database,” pp. 1–4.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Taufiqurrahman Taufiqurrahman; Ratih Kumalasari Niswatin, Ahmad Bagus Setiawan

Downloads

Download data is not yet available.