PENINGKATAN KEMAMPUAN TENAGA PENGAJAR TEKNIK INFORMATIKA DALAM MENGEMBANGKAN SUMBER BELAJAR BERBASIS RISET MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
PDF

Keywords

pengabdian masyarakat
riset multimedia pembelajaran
sumber belajar

How to Cite

Soepriyanto, Y. ., Wedi, A. ., & Slamet, T. I. . (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN TENAGA PENGAJAR TEKNIK INFORMATIKA DALAM MENGEMBANGKAN SUMBER BELAJAR BERBASIS RISET MULTIMEDIA PEMBELAJARAN. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 1(1), 435–440. https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.437

Abstract

Secara umum tenaga pengajar jurusan teknik informatika dalam mengembangkan multimedia pembelajaran sudah bagus dalam produk karya maupun hasil bimbingan. Meskipun demikian produk yang dihasilkan jarang sekali memasukkan unsur-unsur pembelajaran dalam desain dan perancangannya. Untuk itu dibutuhkan sebuah kegiatan yang memberikan wawasan dalam mengembangkan multimedia pembelajaran yang berbasis riset. Tim pengabdian masyarakat dari jurusan teknologi pendidikan Universitas Negeri Malang berusaha memberikan solusi kepada lembaga yang memiliki jurusan teknik informatika. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan sistem dengan harapan ada peningkatan kemampuan dalam mengembangkan sumber belajar berbasis multimedia pembelajaran

https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.437
PDF

References

Anonymous. (2016). Sejarah STT STIKMA Internasional Malang. Diakses tanggal 25 Maret 2016. http://www.stikma.ac.id/sejarah-stt-stikma-internasional-malang.

Anonymous. (2016). Visi dan Misi STT STIKMA Internasional Malang. Diakses tanggal 25 Maret 2016. http://www.stikma.ac.id/visi-dan-misi-stt-stikma-internasional-malang.

Anonymous. (2016). Fasilitas di STT STIKMA Internasional Malang. Diakses tanggal 25 Maret 2016. http://www.stikma.ac.id/fasilitas-di-stt-stikma-internasional-malang.

Januszewski, A., & Molenda, M. (2007). Educational technology: A definition with commentary. Routledge/Taylor Francis

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan. (2007). Ilmu dan aplikasi pendidikan. Imtima. Bandung.

Gagne, R. (1985). The conditions of learning, Fourth Edition. New York: Holt, Rinehart & Winston

Merrill, D., (2002). First principles of instruction. ETR&D, Vol. 50, No. 3, 2002, pp. 43-59 ISSN 1042-1629.

Merrill, D. (1983). Component display theory. In C. M. Reigeluth (ed), Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum.

Clark, J. M., & Paivio, A. (1991). Dual coding theory and education. Educational Psychology Review, 3, 149–210.

Baddeley, A.D. (1992). Working memory. Science , 255, 556–559.

Mayer, R. E. (2005a). Cognitive theory of multimedia learning. In R.E. Mayer (Ed.), The Cambridge Handbook of Multimedia Learning. New York: Cambridge University Press

Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed). New York: Cambridge University Press.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Yerry Soepriyanto, Agus Wedi, Taufik I Slamet

Downloads

Download data is not yet available.