RANCANG BANGUN ANIMASI PROTOKOL ROUTING JENIS DISTANCE VECTOR DAN LINK STATE MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY
PDF

Keywords

Animasi
Routing
Augmented Reality

How to Cite

Yusuf, M. F. ., & Soepriyanto, Y. . (2020). RANCANG BANGUN ANIMASI PROTOKOL ROUTING JENIS DISTANCE VECTOR DAN LINK STATE MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 1(1), 011–016. https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.344

Abstract

Dalam teknologi jaringan komputer, router merupakan peralatan jaringan yang paling cerdas. Router mampu menerima dan meneruskan paket data menuju jaringan tertentu melalui sebuah proses yang dinamakan dengan routing. Seorang administrator jaringan yang menangani pembangunan dan pengelolaan arsitektur jaringan komputer membutuhkan pemahaman mengenai konsep routing yang komplek dan dinamis. Konsep routing yang harus dikuasai oleh administrator jaringan tersebut meliputi routing jenis distance vector dengan cara melakukan update tabel routing pada router tetangga, dan link state dengan cara memperbaharui basis data routing untuk menentukan jarak terdekat dalam meneruskan paket data ke jaringan tujuan. Untuk mecapai pemahaman konsep routing tersebut calon administrator jaringan membutuhkan panduan berupa animasi yang memberikan informasi secara detail dan berurutan tentang bagaimana dua jenis proses routing tersebut dapat bekerja dan sesuai dengan protokol routingnya. Produk animasi yang dihasilkan dikemas dalam bentuk android package (apk) yang di dalamnya menggunakan teknologi Augmented Reality yang bertujuan untuk kemudahan pemahaman penggunanya.

https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.344
PDF

References

Buchari, M. (2015). Rancang Bangun Video Animasi 3 Dimensi Untuk Mekanisme Pengujian Kendaraan Bermotor di Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata, Komunikasi, dan Informasi . E-Journal Teknik Informatika, 2.

Putra, D. (2016). Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 3-4.

Rifiani, V. (2016). Analisa Perbandingan Metode Routing Distance. Jurnal PENS ITS, 1-2.

Roedavan, Rickman. 2014. UNITY Tutorial Game Engine. Bandung: Informatika.

Sari, J. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Layanan Berbasis Lokasi Dengan Penerapan Augmented Reality Menggunakan Metode Markerless Berbasis Android. Jurnal Rekursif, 3-5.

Usman, M. I. (2015). Rancang Bangun Augmented. Jurnal rekursif, 3.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Mochamad Farid Yusuf, Yerry Soepriyanto

Downloads

Download data is not yet available.