Abstract
Desain interior merupakan salah satu bagian dari konsep perancangan bangunan. Ketelitian dalam menempatkan material interior sangat dibutuhkan oleh siswa SMK Jurusan Teknik Gambar Bangunan. Namun terkadang sulit untuk menghadirkan dan mengatur material dalam lingkungan nyata. Kendala ini dapat berasal dari ketersediaan material atau kemudahan untuk melihat objek dari berbagai sudut pandang. Augmented reality merupakan teknologi yang mampu menghadirkan objek virtual ke dalam lingkungan nyata. Lingkungan augmented reality mengijinkan pengguna untuk berinteraksi dengan objek virtual sehingga pengalaman langsung. Objek yang dihadirkan dapat berupa 3D sehingga mendekati objek nyata berupa material interior. Dengan menggunakan aplikasi augmented reality pengguna dapat berinteraksi dan memanipulasi letak material interior secara langsung dan nyata.
References
Ferdiana, M.D. 2014. Menggambar Dekorasi Interior dan Eksterior Rumah Tinggal. Yogyakarta: TAKA Publisher.
Azuma R.T. 1997. A Survey of Augmented reality. In Presence: Teleoperators and Virtual Environments 6, 4 (August 1997), 355-385.
Klopfer, E. 2008. Augmented Learning: Research and Design of Mobile Educational Games. Cambridge: The MIT Press
Yuen, S., Yaoyuneyong, G., & Johnson, L. (2011). Augmented reality: An overview and five directions for AR in education. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 4(1), 119–140.
Lee, W.W & Owens, D.L. 2004. Multimedia-Based Instructional Design, Second Edition. San Francisco: Preiffer.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2020 Inotek; Tri Kukuh Prasetiyo, Yerry Soepriyanto