ANALISIS PERILAKU KONSUMEN PADA PEMBELIAN PRODUK PERLENGKAPAN BAYI
PDF

Keywords

produk perlengkapan bayi
penjualan
algoritma apriori

How to Cite

Suharto, J. M. ., Indriati, R. ., & Andriyanto, T. . (2020). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN PADA PEMBELIAN PRODUK PERLENGKAPAN BAYI. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 1(1), 295–300. https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.417

Abstract

Pasar swalayan atau toko merupakan sarana atau tempat penyedia barang kebutuhan sehari-hari mulai dari sembilan bahan pokok sampai kebutuhan rumah tangga lainnya. Setiap harinya di pasar swalayan atau toko tersebut terjadi beberapa transaksi penjualan. Data transaksi penjualan akan terus bertambah setiap harinya. Semakin banyak data transaksi yang tersimpan menyebabkan penyimpanan data yang sangat besar. Biasanya data-data transaksi penjualan tersebut hanya digunakan sebagai arsip dan tidak diketahui apa manfaat dari data tersebut untuk selanjutnya. Di dalam kumpulan data yang sangat besar tersebut, memiliki informasi- informasi yang tersembunyi. Kumpulan data tersebut bisa diolah untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat yang bisa digunakan untuk pengambilan suatu keputusan dan untuk memperoleh pengetahuan.

     Algoritma apriori adalah algoritma market basket analysis yang digunakan untuk menghasilkan association rule, dengan pola “if then”. Market basket analysis merupakan salah satu teknik dari data mining yang mempelajari tentang perilaku kebiasaan konsumen dalam membeli barang secara bersamaan dalam satu waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sebuah aplikasi guna memudahkan pengguna memperoleh informasi sebagai bahan pertimbangan untuk memberikan suatu keputusan.

     Hasil analisis dan perancangan dari Analisis Perilaku Konsumen Pada Pembelian Produk Perlengkapan Bayi dengan metode algoritma apriori adalah suatu swalayan atau toko dapat mengolah data transaksi penjualan dengan cepat dan akurat melalui sistem aplikasi yang telah dibuat, penerapan metode algoritma apriori sangat membantu dalam pengolahan data guna mengetahui tingkat pembelian konsumen dalam aturan asosiasi antar kombinasi barang.

https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.417
PDF

References

Alexander F. K. Sibero. (2011). Kitab Suci Web Programing, MediaKom, Yogyakarta.

Bunafit Nugroho. (2004). PHP dan MySQL dengan editor Dreamweaver MX. Andi, Yogyakarta, Yogyakarta.

Davies. and Paul Beynon. (2004), “Database Systems Third Edition”, Palgrave Macmillan, New York.

Dewantara, Heru. Santosa, Purnomo Budi. Setyanto, Nasir Widha. (2013). Perancangan Aplikasi Data Minig Dengan Algoritma Apriori Untuk Frekuensi Analisis Keranjang Belanja Pada Data Transaksi Penjualan (Studi Kasus di Swalayan KPRI Universitas Brawijaya).

Erwin. (2009). Analisis Market Basket Dengan Algortima Apriori dan Algoritma FP-Growth. Jurnal Generik, hal. 26-30.

Gunadi, Goldie. (2012). ”Penerapan Metode Data Mining Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Buku Dengan Menggunakan Algoritma Apriori dan FP-Growth ”. Universitas Budi Luhur.

Han, J., & Kamber, M. (2006). Data mining Concepts and Techniques Second Edition. San Fransisco: Morgan Kauffman.

Jogiyanto, H.M.(2009). Analisis dan Desain Sistem Informasi.Yogyakarta: Andi.

Kadir, Abdul. (2009). Membuat aplikasi web dengan PHP dan Database MYSQL. Yogyakarta: Andi.

Kusrini, Emma Taufiq Luthfi. (2009). Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Andi.

Kustiyahningsih, Y & Anamisa, Devie R. 2011. Pemrograman Basis Data Berbasis Web diakses pada tanggal 10 Mei 2016.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Jevri Mukardani Suharto, Rini Indriati, Teguh Andriyanto

Downloads

Download data is not yet available.