SISTEM PENCARIAN RUTE TERPENDEK LOKASI PONDOK PESANTREN DI KOTA KEDIRI PADA PLATFORM ANDROID
PDF

Keywords

android
lbs

How to Cite

Ludfie, M. ., Wulanningrum, R. ., & Niswatin, R. K. . (2020). SISTEM PENCARIAN RUTE TERPENDEK LOKASI PONDOK PESANTREN DI KOTA KEDIRI PADA PLATFORM ANDROID. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 1(1), 283–288. https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.415

Abstract

Pondok pesantren mempunyai peranan penting dalam kemajuan suatu daerah khususnya pada segi ilmu keislaman dan sosial budaya. Keberadaannya juga sangat dibutuhkan, sebab pondok pesantren merupakan lembaga pencetak anak didik yang mengedepankan budi luhur yang berasaskan islami. Terdapat banyak sekali pondok pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia. Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi dan berdasarkan hasil pengamatan, khususnya pada pada perangkat mobile yaitu smartphone dan tablet, membuat para pengguna perangkat mobile menjadi lebih mudah dalam mencari informasi. Misalnya dalam mencari informasi mengenai lokasi pelayanan umum, mencari lokasi penting dan sebagainya.

Aplikasi pencarian pondok pesantren ini dirancang pada perangkat bergerak yaitu pada smartphone. Aplikasi pencarian pondok pesantren melalui perangkat smartphone masih belum ada, Akibatnya para user merasa bingung mengenai informasi lokasi keberadaan pondok pesantren. Permasalahan penelitian ini adalah “Bagaimanakah merancang aplikasi pencarian pondok pesantren yang dapat diakses pada perangkat mobile Android berbasis Location Based Service (LBS)”. Untuk itu penulis mencoba membuat suatu aplikasi yang bias membantu para user untuk memukan letak juga jenis pondok pesantren yang tepat, Kesimpulan bahwa aplikasi ini sangat berguna dan dapat digunakan oleh para pengguna.

https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.415
PDF

References

Apri, D. 2008. Modul Pemrograman Basis Data Lanjut mySQL. Modul, Tidak Dipublikasikan, Surakarta: Stmik Duta Bangsa.

Ardiyansyah, S. Syatria, M.D. 2011. Rancang Bangun Aplikasi Informasi SPBU Terdekat di Kota Palembang dengan Metode Ant Colony Optimization Berbasis Android. Skripsi. Palembang: TI STIMIK MDP.

Nazruddin. 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android.Bandung: Informatika Bandung.

Kadir A, 2014. Buku Pertama Belajar Pemrograman Java Untuk Pemula. Edisi 1, Yogyakarta : MediaKom.

Fauzi I, 2011. Penggunaan Algoritma Dijkstra Dalam PencarianRute Tercepat Dan Rute Terpendek. Skripsi. Jakarta: TI UIN Syarif Hidayatullah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Miftachul Ludfie, Resty Wulanningrum, Ratih Kumalasari Niswatin

Downloads

Download data is not yet available.