Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi Pembangunan Perumahan Menggunakan Metode ROC dan AHP
PDF

Keywords

AHP
Lokasi Pembangunan Perumahan
ROC

How to Cite

Cahyo, G. N. ., Niswatin, R. K. ., & Setiawan, A. B. . (2022). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi Pembangunan Perumahan Menggunakan Metode ROC dan AHP. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(2), 150–154. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2575

Abstract

Perumahan merupakan alternatif untuk pencarian tempat tinggal. Pemilihan lokasi perumahan yang tepat menjadi salah satu pertimbangan pengembang dalam membangun perumahan. Tujuan penelitian ini adalah membangun sistem yang dapat mendukung pengembang dalam menentukan lokasi pembangunan perumahan yang tepat, menggunakan metode Rank Order Centroid (ROC) dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pendukung keputusan (SPK) yang menggunakan metode ROC dan AHP telah berhasil dalam membantu pengembang KSU KARYA BHAKTI dalam pemilihan lokasi untuk membangun perumahan. Sistem ini dapat menghasilkan rekomendasi yang mengukur nilai harga tanah, aksesibilitas, lokasi produktif, jarak ke pusat kota, dan sasaran pembeli yang diukur dengan pembobotan menggunakan metode ROC dan perhitungan menggunakan metode AHP sebagai perangkingan hasil rekomendasi penentuan lokasi pembangunan perumahan. Hasil nilai tersebut, dapat mendukung pengembang secara kongkrit dalam pemilihan lokasi pembangunan perumahan.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2575
PDF

References

Azroni, M. A., & Nadeak, B. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lingkungan Rumah Sehat dengan Metode Analytical Hierarcy Process (AHP) dan Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART). Bulletin of Computer Science Research, 1(2), 30-36.

Rahmah, A. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Masuk Mahasiswa Menggunakan Metode Smarter. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 1.

Kusrini, K. (2007). Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi.

Saputra, M. (2018). Analisis Penentuan Nilai Robot pada Metode Simple Additive Weigting (SAW) dengan Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP).

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Galih Nur Cahyo; Ratih Kumalasari Niswatin, Ahmad Bagus Setiawan

Downloads

Download data is not yet available.